Show simple item record

dc.contributor.authorJ, HASSE
dc.date.accessioned2016-09-15T08:04:33Z
dc.date.available2016-09-15T08:04:33Z
dc.date.issued2012-12
dc.identifier.issn1412-0534
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2024
dc.descriptionThis paper is a reflection of the local defense of the religion that had been marginalized by looking further into the state of the local religious marginalization. In its development, the country never abandoned the religion of his intervention. In fact, very close to the state religion. How and through what medium the conquest of the local religion? This question is the focus of this paper by outlining the three subthemes. First, it is form or variety of ideas in local religious position. Second, the actors involved in local religious positioning. Third, local response, including the existence of local religious elite, associated with differences in religion and culture of the surrounding community. This paper shows that the state has put religion at the ‘manageble’ position. In fact, the position of religion as an important entity is frequently controlled. Similarly, in this paper, it can be found how local communities respond to the presence of local religious so local religion not only placed in the controlled set, but also constantly challenged by the surrounding environment.en_US
dc.description.abstractTulisan ini merupakan refleksi pembelaan terhadap agama lokal yang selama ini termarginalkan dengan melihat lebih jauh mengenai proses marginalisasi negara terhadap agama lokal. Dalam perkembangannya, negara tidak pernah melepaskan agama dari intervensinya. Bahkan, agama sangat dekat dengan negara. Bagaimana dan melalui media apa negara melakukan penaklukan terhadap agama lokal? Pertanyaan ini menjadi fokus dalam tulisan ini dengan menguraikan tiga sub-tema. Pertama, bentuk atau variasi ide dalam memposisikan agama lokal. Kedua, aktor yang terlibat dalam pemosisian agama lokal. Ketiga, respons lokal termasuk elite terhadap keberadaan agama lokal, terkait dengan perbedaan dengan agama dan kultur masyarakat sekitar. Tulisan ini menunjukkan bahwa negara telah menempatkan agama pada posisi yang selalu diatur. Bahkan, memposisikan agama sebagai sebuah entitas penting yang harus dikendalikan. Demikian pula, dalam tulisan ini dapat ditemukan bagaimana respons masyarakat lokal terhadap keberadaan agama lokal sehingga agama lokal tidak hanya ditempatkan pada posisi yang diatur, tetapi juga selalu digugat oleh lingkungan di sekitarnya.en_US
dc.publisherJURNAL AL ULUM IAIN GORONTALOen_US
dc.relation.ispartofseriesVOLUME 12;2
dc.subjectAGAMA LOKALen_US
dc.subjectNEGARAen_US
dc.subjectKEBIJAKANen_US
dc.subjectTOWANI TOLOTANGen_US
dc.titlePENAKLUKAN NEGARA ATAS AGAMA LOKALen_US
dc.title.alternativeKasus Towani Tolotang di Sulawesi Selatanen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record