Browsing Department of Civil Engineering by Title
Now showing items 778-797 of 932
-
PERILAKU KUAT TEKAN BETON DENGAN AGREGAT KASAR BATU KAPUR VARIASI KEAUSAN 30,25%, 31,84%, 39,53% DAN 70,63%
(FT UMY, 2013-07-27)Batu kapur adalah bahan alam yang mengandung senyawa CaO yang merupakan perekat hidraulik. Istilah hidraulik digunakan untuk menggambarkan bahan yang akan mengeras di dalam air akibat hidrasi kimia antara kalsium hidroksida ... -
PERILAKU MEKANIS STRUKTUR LAPISAN BALAS KONVENSIONAL DENGAN MODIFIKASI 4% ASPAL PENETRASI 60/70
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-26)Breakage and high cost of railroad maintenance are problems faced in Indonesian railways. The addition of asphalt level modification in the ballast layer is expected to be able to improve the quality of service and ... -
PERILAKU PENGEMBANGAN TANAH LEMPUNG EKSPANSIF DENGAN STABILISASI KOLOM KAPUR PASCA PEMBERIAN METODE ELEKTROKINETIK
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05)Tanah lempung ekspansif merupakan salah satu masalah yang sering menyebabkan terjadinya kerusakan struktur bangunan maupun struktur lapis perkerasan jalan. Hal ini disebabkan oleh potensi kembang-susut yang tinggi. Tanah ... -
PERILAKU PERKUATAN PELAT DENGAN TIANG TUNGGAL PADA TANAH LEMPUNG EKSPANSIF
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-05-27)Not all rigid pavement built on the good subgrade. Expansive soils are one of the types of problematic soil. Expansive soils are a type of soil that has swelling and shrinkage potential caused by soil’s water content, ... -
PERKUATAN BRACING BAJA PADA SEKELILING GEDUNG TIDAK BERATURAN UNTUK MENGURANGI SIMPANGAN AKIBAT GEMPA
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-28)Besarnya potensi kerusakan akibat gempa pada gedung bertingkat dapat menyebabkan terjadinya kegagalan struktur. Bangunan yang memiliki tingkat kekakuan lateral yang rendah, rentan terhadap terjadinya simpangan (drift) ... -
PERKUATAN STRUKTUR JEMBATAN KERETA API RANGKA BAJA TIPE WARREN BENTANG 42 METER AKIBAT PENURUNAN MUTU BAJA 30% DAN PEMBEBANAN GEMPA SNI 1725:2016 DENGAN METODE PENGGANTIAN BATANG LEMAH
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-22)Railway bridges are an important transportation infrastructure in meeting human needs. Along with the increasing age of a structure, the railroad bridge will also experience a decrease in capacity caused by internal and ... -
PERMODELAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN SOFTWARE PTV VISSIM 9.0-05 PADA BUNDARAN
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-09-30)As time goes by,the need of transportation demand a better service quality, so the basic needs of traffic like : safe,smooth,comfortable,and economics can be fulfilled. To determined the roundabout performance,need to do ... -
PERUBAHAN MORFOLOGI, POROSITAS DAN ANGKUTAN SEDIMEN MATERIAL DASAR SUNGAI PROGO HILIR PASCA ERUPSI GUNUNG MERAPI TAHUN 2010
(FT UMY, 2017-05-26)Banjir lahar dingin pasca peristiwa erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 yang menyebabkan Sungai Progo Hilir mengalami perubahan serta beberapa kerusakan. Kerusakan itu antara lain adalah perubahan morfologi sungai, perubahan ... -
PERUBAHAN MORFOLOGI, POROSITAS DAN ANGKUTAN SEDIMEN PERMUKAAN DASAR SUNGAI CODE PASCA ERUPSI GUNUNG MERAPI TAHUN 2010 (STUDI KASUS DI SUNGAI CODE PADA JEMBATAN SARJITO JEMBATAN GONDOLAYU JEMBATAN TUNGKAK MUARA SUNGAI CODE DI JETIS YOGYAKARTA
(2017-05-26)Pasca erupsi Merapi 2010 menyebabkan kerusakan yang cukup besar di Yogyakarta, sedimen hasil erupsi terendapkan disekeliling puncak Merapi dalam jumlah yang banyak. Material vulkanik hasil letusan tersebut menyebar dan ... -
PERUBAHAN MORFOLOGI, POROSITAS DAN ANGKUTAN SEDIMEN PERMUKAAN DASAR SUNGAI PROGO HILIR PASCA ERUPSI GUNUNG MERAPI TAHUN 2010 (STUDI KASUS DI SUNGAI PROGO HILIR PADA JEMBATAN BANTAR JEMBATAN SRANDAKAN DAN DUSUN BLIBIS YOGYAKARTA
(2017-05-26)Sungai Progo Hilir merupakan sungai yang terletak di sebelah barat dari lereng Gunung Merapi dan bermuara di Pantai Trisik Kabupaten Bantul. Sungai Progo Hilir merupakan urat nadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitarnya ... -
PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP KERENTANAN BANJIR DI WILAYAH YOGYAKARTA
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-08-14)Yogyakarta region is geographically not an area susceptible to flood disaster, but it is undeniable that all regions in Indonesia have flood vulnerability with cause and effect of each region. Land use and land conversion ... -
POTENSI KECELAKAAN KERJA PADA PEMBANGUNAN GUDANG KONSTRUKSI BAJA
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-05-16)The warehouse is a building that serves as a place for storing goods and logistics. Warehouse construction generally uses steel construction. In the Special Region of Yogyakarta there are still many cases of work accidents ... -
POTENSI KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK JEMBATAN RANGKA BAJA
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-03-06)Indonesia has a high level of work accidents due to various accident cases that occur in construction projects because this activity causes many work accident. A bridge is a construction building that its functions is ... -
POTENSI MULTI BAHAYA PADA BANGUNAN SEKOLAH DI DAERAH KRETEK BANTUL YOGYAKARTA
(FT UMY, 2020-01-07)Banyaknya potensi bahaya yang ada di Indonesia dan pesatnya pembangunan seperti rumah, gedung, maupun bangunan sekolah yang kurang memperhatikan kualitas bangunan dan kondisi lingkungan sekitar sehingga menjadikan ... -
POTENSI PENUMPANG BATIK SOLO TRANS YANG MENGGUNAKAN INTEGRASI TIKET BST-PRAMEKS-TRANS JOGJA
(FT UMY, 2011-05-05)Sistem transportasi di Indonesia hingga saat ini masih belum tertata rapi sehingga mendorong Kementerian Perhubungan untuk mengintegrasikan moda transportasi yang sudah ada. Salah satu daerah yang akan dijadikan untuk ... -
POTENSI PENUMPANG TRANS JOGJA YANG MENGGUNAKAN INTEGRASI TIKET TRANS JOGJA-PRAMEKS-BATIK SOLO TRANS
(FT UMY, 2011-06-23)Propinsi DIY sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Selain obyek wisata beberapa faktor yang ikut berperan dalam menunjang kegiatan pariwisata adalah keamanan, ketertiban, kenyamanan dan kemudahan transportasi. Tujuan ... -
POTENSI RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PEMBANGUNAN GEDUNG KEPERAWATAN GIGI POLTEKES KEMENKES YOGYAKARTA
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-09-20)Lack of awareness of the workers to use personal protective equipment so that caused a higher risks of Work Accident on Construction of Dental Nursing Building Poltekes Kemenkes Yogyakarta. The purpose of this study was ... -
PREDIKSI BEBAN MAKSIMUM, LENDUTAN DAN MOMEN KURVATUR PADA BALOK BETON PRACETAK MENGGUNAKAN APLIKASI RESPONSE-2000
(FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-01)Perilaku balok beton pracetak dapat dilihat pada besarnya nilai beban maksimum, lendutan, momen dan kurvatur. Untuk memudahkan menganalisis parameter tersebut dengan menggunakan aplikasi Response-2000. Aplikasi tersebut ... -
PREDIKSI PENURUNAN METODE ASAOKA PADA TANAH LUNAK YANG DIPERBAIKI DENGAN PREFABRICATED VERTICAL DRAIN Studi Kasus: Timbunan Pada Jalan Tol Pejagan-Pemalang Kabupaten Brebes
(FT UMY, 2016-08-29)Permasalahan kondisi tanah dasar dalam pembangunan jalan merupakan probelematika yang kerap terjadi, terlebih pada permukaan tanah lunak (soft Soil). Apabila tidak dilkukan perbaikan tanah terlebih dahulu pada jenis tanah ... -
PROBABILITAS KERUNTUHAN LERENG (Studi Kasus: Kedungrong, Samigaluh, Kulonprogo)
(FT UMY, 2016-08-31)Permasalahan keruntuhan pada lereng di Kedungrong, Samigaluh, Kulonprogo akibat intensitas hujan yang terjadi pada lereng tersebut sehingga mengakibatkan beberapa kerugian dalam hal moril maupun materil, atas dasar itu ...