Department of Civil Engineering: Recent submissions
Now showing items 621-640 of 932
-
ANALISIS RESPON GEDUNG TERHADAP BEBAN GEMPA STATIK EKUIVALEN BERDASARKAN SNI 03-1726-2002 DAN SNI 03-1726-2012
(FT UMY, 2017-05-17)Pembangunan di Indonesia diharuskan menggunakan peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan. Seimbang dengan berjalannya waktu, peraturan ini akan mengalami perubahan dari peraturan sebelumnya untuk melengkapinya. Sebagaimana ... -
ANALISIS MODEL NUMERIK GERUSAN LOKAL PADA PILAR MENGGUNAKAN SOFTWARE IRIC : NAYS2DH 1.0 (STUDI KASUS : PILAR PERSEGI DN LINGKARAN, ALIRAN SUPERKRITIK)
(2017-05-17)Pilar merupakan struktur bawah jembatan. Pada umumnya pilar jembatan terletak di tengah sungai. Adanya pilar jembatan di tengah sungai dapat mempengaruhi perubahan pola aliran sungai sehingga kecepatan aliran berubah dan ... -
STUDI OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA DENGAN METODE DURATION COST TRADE OFF PADA PROYEK KONSTRUKSI
(FT UMY, 2017-05-20)Hal penting yang perlu diketahui dalam perencanaan proyek konstruksi untuk dioptomasikan adalah segi waktu dan biaya. Dengan mengatur waktu dan biaya yang baik maka pelaksanaan akan mendapatkan keuntungan yang besar atau ... -
TINJAUAN MORFOLOGI, ANGKUTAN SEDIMEN DASAR DAN AGRADASI/DEGRADASI SUNGAI PABELAN (STUDI KASUS TAHUN 2012 DAN 2017 PASCA ERUPSI GUNUNG MERAPI PADA TAHUN 2010)
(FT UMY, 2017-05)Sungai Pabelan merupakan sungai yang berada di barat lereng Gunung Merapi, mengalir dari Gunung Merapi ke arah selatan dan merupakan anak Sungai Progo dengan panjang kurang lebih 46 kilometer (Winditiatama, 2011). Pasca ... -
INSPEKSI KESELAMATAN JALAN YOGYAKARTA-MAGELANG KM 11 SAMPAI DENGAN KM 15
(2017-05-18)Kota Yogyakarta merupakan kota pelajar dan kota tujuan wisata yang menyebabkan bertambahnya jumlah pendatang, sehingga jumlah pemilik kendaraan semakin meningkat. Jumlah kepemilikan kendaraan di Daerah Istimewa Yogyakarta ... -
ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE PEVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (STUDI KASUS RUAS JALAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
(2017-04-21)Jalan Kabupaten adalah jalan lokal tapi kendaraan yang melintas di jalan tersebut tergolong padat dan melebihi beban maksimal, terlebih lagi di sepanjang Jalan Kabupaten banyak proyek yang sedang berjalan sehingga memperparah ... -
PENGARUH PENGGUNAAN STYROFOAM SEBAGAI PENGGANTI ASPAL PENETRASI 60/70 DENGAN KADAR 0%, 7%, 8%, 9% DAN 10% PADA CAMPURAN AC-WC
(2017-05-17)Aspal merupakan bahan pengikat untuk perkerasan lentur. Sifat aspal mempengaruhi sifat dan ketahanan dari perkerasan lentur itu sendiri. Telah banyak dikembangkan penelitian mengenai cara untuk meningkatkan mutu aspal ... -
ANALISIS TEBAL PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE ANALISA KOMPONEN SKBI 1987 DAN METODE AASHTO 1993
(2017-05-15)Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, pertumbuhan ekonomi di suatu daerah juga semakin meningkat. Hal ini menuntut adanya infrastruktur yang cukup memadai dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di suatu ... -
ANALISIS RESPONS GEDUNG TERHADAP BEBAN GEMPA TIME HISTORY BERDASARKAN SNI 03-1726-2002 DAN SNI 03-1726-2012 (STUDI KASUS : GEDUNG AR-FACHRUDDIN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
(2017-05-17)Indonesia memiliki peraturan tentang tata cara perencanaan ketahanan gempa untuk struktur gedung maupun non gedung yang diperbaharui secara bertahap sesuai kebutuhan, peraturan itu sendiri yang tertuang dalam SNI 03-1726-2002. ... -
ANALISA VEKTOR KECEPATAN DAN POLS ALIRAN DI SEKITAR PILAR DENGAN METODE PIV (PARTICLE IMAGEVELOCIMETRY) (STUDI KASUS : MODEL PILAR BERPENAMPANG LINGKARAN DAN PERSEGI)
(FT UMY, 2017-04-27)Pengukuran kecepatan aliran 2 dimensi dibutuhkan untuk mengetahui karakteristik aliran. Sampai saat ini, perhitungan kecepatan hanya terbatas untuk perhitungan di satu titik dan cara pengambilan datanya bisa mengganggu ... -
ANALISA PERUBAHAN KUALITAS AIR BAKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOAGULASI FLOKULASI SEDIMENTASI DAN FILTRASI
(FT UMY, 2017-05-16)Air merupakan salah satu senyawa kimia yang sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia dan makhluk hidup di bumi, baik kehidupan di darat,laut maupun udara, dan fungsinya bagi kehidupan tidak akan dapat tergantikan ... -
ANALISIS TEGANGAN DAN DISPLACEMENT BALOK BAJA CASTELLATED BUKAAN LINGKARAN TUMPUAN KANTILEVER NON-PRISMATIS MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
(FT UMY, 2017-05-27)Pada konstruksi balok baja kebanyakan dikenal dengan struktur balok utuh dan balok berlubang (castellated beam steel). Balok baja kastela adalah balok yang digunakan untuk konstruksi bentang panjang, yaitu profil baja yang ... -
ANALISA VEKTOR KECEPATAN DAN POLA ALIRAN DISEKITAR PILAR MENGGUNAKAN METODE PIV (PARTICLE IMAGE VELOCIMETRY)
(FT UMY, 2017-05-27)Pengukuran kecepatan aliran air 2 dimensi dibutuhkan untuk mengetahui karakteristik aliran. Berbagai metode pengukuran sudah banyak dikembangkan dan digunakan, salah satunya yaitu Particle Image Velocimetry (PIV). Particle ... -
ANALISIS TEGANGAN DAN DISPLACEMENT BALOK KASTELA BUKAAN HEKSAGONAL DENGAN TUMPUAN KANTILEVER MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (Variasi sudut lubang 45° dan 50°; Jarak Lubang 50 mm, 75 mm, dan 100 mm; Diameter lubang 50 mm, 70 mm, dan 90 mm; Bentang 2000 mm, 2500 mm, 3000 mm, dan 3500 mm)
(FT UMY, 2017-05-27)Balok merupakan salah satu elemen struktur penting yang menahan lentur (bending) dan gaya geser (shear) yang lebih dominan dibandingkan dengan gaya aksial. Balok yang diteliti pada penelitian ini adalah balok kastela dengan ... -
INSPEKSI KESELAMATAN DI PERLINTASAN SEBIDANG PADA JPL 349 KM 163 + 758, JALAN TIMOHO, YOGYAKARTA
(FT UMY, 2017-05-22)Perkembangan penduduk yang memicu perkembangan sarana transportasi jalan raya sering kali membentuk pertemuan jalan raya dengan sarana transportasi kereta api. Kecelakaan antara kendaraan bermotor dengan kereta api sering ... -
PEMODELAN LALU LINTAS SIMPANG APILL RING ROAD, PARANGTRITIS, BANTUL, YOGYAKARTA
(FT UMY, 2017-05-20)Pertumbuhan jumlah penduduk setiap kota di Indonesia per tahun semakin meningkat, terutama di Kota Yogyakarta. Sebagai kota pelajar dan wisata maka kebutuhan dalam transportasi akan meningkat, aktivitas dan mobilitas semakin ... -
ANALISIS GERUSAN LOKAL PADA PILAR JEMBATAN MENGGUNAKAN METODE CSU (PILAR KAPSUL DAN PILAR TAJAM DENGAN ALIRAN SUPERKRITIK)
(FT UMY, 2017-05-22)Gerusan lokal terjadi karena perubahan aliran yang disebabkan oleh adanya halangan aliran sungai dan kecepatan aliran. Pola gerusan lokal pada pilar jembatan dipengaruhi oleh bentuk pilar yang digunakan. Perbedan kecepatan ... -
PENGUKURAN ANGKUTAN SEDIMEN DASAR PADA ALIRAN SUNGAI PROGO MENGGUNAKAN ALAT HELLEY SMITH
(FT UMY, 2017-05-26)Sungai Progo adalah sungai yang mengalir di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Sungai ini bersumber dari lereng Gunung Sumbing. Sungai Progo merupakan salah satu sungai yang mempunyai pasokan sedimen berupa pasir yang ... -
PERUBAHAN MORFOLOGI, POROSITAS DAN ANGKUTAN SEDIMEN MATERIAL DASAR SUNGAI PROGO HILIR PASCA ERUPSI GUNUNG MERAPI TAHUN 2010
(FT UMY, 2017-05-26)Banjir lahar dingin pasca peristiwa erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010 yang menyebabkan Sungai Progo Hilir mengalami perubahan serta beberapa kerusakan. Kerusakan itu antara lain adalah perubahan morfologi sungai, perubahan ... -
PENGARUH WAKTU PERENDAMAN AIR TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN PENAMBAHAN SUPERPLASTICIZER 1,5% MENGGUNAKAN 3 VARIASI SEMEN
(FT UMY, 2017-05-23)dicampurkan menjadi satu dengan suatu pasta yang terbuat dari semen dan air yang membentuk suatu masa padat. Dalam perkembangan sekarang ini, beton merupakan bahan yang paling banyak dipakai dalam pembangunan di bidang ...