Show simple item record

dc.contributor.authorDewi, Indra Kusuma
dc.date.accessioned2018-08-13T03:38:33Z
dc.date.available2018-08-13T03:38:33Z
dc.date.issued2018-05-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20512
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan BPRS Madina Mandiri Sejahtera dalam meningkatkan literasi keuangan syariah pada masyarakat, menganalisis implementasi SEOJK Nomor 1/SEOJK.07/2014 tentang pelaksanaan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat, serta mengetahui tingkat literasi keuangan syariah pada masyarakat yang telah mendapatkan program financial literacy dari BPRS Madina Mandiri Sejahtera. Metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif (mixed-method). Analisis data kualitatif menggunakan deskriptif kualitatif. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan bahan referensi. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 51 responden untuk mengetahui tingkat literasi keuangan syariah masyarakat yang telah mendapatkan program edukasi dari BPRS Madina Mandiri Sejahtera. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan BPRS Madina Mandiri Sejahtera dalam meningkatkan literasi keuangan syariah pada masyarakat dilakukan melalui beberapa program kegiatan, seperti: melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, melakukan edukasi melalui media massa, dan masyarakat secara langsung datang ke kantor. Pelaksanaan program edukasi yang dilakukan BPRS Madina Mandiri Sejahtera secara keseluruhan sudah sesuai dengan SEOJK Nomor 1/ SE.OJK.07/ 2014 tentang pelaksanaan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat, yaitu berdasarkan prinsip inklusif, sistematis dan terukur, kemudahan akses, dan kolaborasi. Tingkat literasi keuangan syariah pada masyarakat yang telah mendapatkan program edukasi dari BPRS Madina Mandiri Sejahtera sebesar 82.42% yaitu berada pada kategori tinggi.en_US
dc.description.abstractThe research aims to find out the strategy which is conducted by BPRS Madina Mandiri Sejahtera for improving sharia financial literacy on the society, and to analyse implementation of SEOJK Number 1 / SEOJK.07 / 2014 regarding the education and improving financial literacy to the people, and to know the level of literacy on the society who had received the educational literacy program from BPRS Madina Mandiri Sejahtera. The research uses qualitative and quantitative method (mixed-method). The qualitative analysis uses qualitative descriptive. The validity of data uses triangulation and reference materials. The using of questionnaires distributed to 51 respondents, this determines the level of Islamic financial literacy who have received educational programs from BPRS Madina Mandiri Sejahtera. The results show that the strategy which is used BPRS Madina Mandiri Sejahtera for improving sharia financial literacy on the community is managed with through several programs such as educate and introduce product to the public using the social media, and to educate people who come to the office directly. The implementation of educational program which is conducted by BPRS Madina Mandiri Sejahtera enormously accord with the regulation "SEOJK Number 1 / SE.OJK.07 / 2014 regarding the implementation of education for contributing and improving financial literacy for the people with inclusive, systematic, measurable, accessibility, and collaboration principles. The leveling of Islamic financial literacy for the people who had obtained an educational program of literacy by BPRS Madani Mandiri Sejahtera has counted to 82.42 percent, it is the high category level.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM PRODI EKONOMI SYARIAH UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectLiterasi Keuangan Syariah, Masyarakat, BPRSen_US
dc.titleSTRATEGI BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA MASYARAKATen_US
dc.title.alternative(Studi Kasus pada BPRS Madina Mandiri Sejahtera)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 106en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record