dc.contributor.advisor | KURNIASIH, INDRI | |
dc.contributor.author | BIRRI, INTIHAUN NI’AMATUL | |
dc.date.accessioned | 2018-08-23T06:18:42Z | |
dc.date.available | 2018-08-23T06:18:42Z | |
dc.date.issued | 2018-07-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20757 | |
dc.description | Latar Belakang: Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang terhadap adanya tujuan dan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Instrumen untuk evaluasi belajar mahasiswa kedokteran gigi adalah Multiple Choice Question (MCQ) dan Objective Structural Clinical Examination (OSCE). MCQ untuk mengukur tingkat pengetahuan mahasiswa. OSCE untuk mengukur penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan OSCE pada mahasiswa PSKG FKIK UMY di tahun pertama.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif PSKG FKIK UMY angkatan 2014, 2015, dan 2016 berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Spearman untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE mahasiswa PSKG FKIK UMY di tahun pertama.
Hasil Penelitian: Hasil uji Spearman antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dengan nilai p > 0,05 berarti tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ. Hasil uji Spearman antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE dengan nilai p < 0,05 berarti terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE. | en_US |
dc.description.abstract | Latar Belakang: Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang terhadap adanya tujuan dan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Instrumen untuk evaluasi belajar mahasiswa kedokteran gigi adalah Multiple Choice Question (MCQ) dan Objective Structural Clinical Examination (OSCE). MCQ untuk mengukur tingkat pengetahuan mahasiswa. OSCE untuk mengukur penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan OSCE pada mahasiswa PSKG FKIK UMY di tahun pertama.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif PSKG FKIK UMY angkatan 2014, 2015, dan 2016 berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Spearman untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE mahasiswa PSKG FKIK UMY di tahun pertama.
Hasil Penelitian: Hasil uji Spearman antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dengan nilai p > 0,05 berarti tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ. Hasil uji Spearman antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE dengan nilai p < 0,05 berarti terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | motivasi belajar, hasil ujian MCQ, hasil ujian OSCE | en_US |
dc.title | HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL UJIAN MCQ DAN OSCE MAHASISWA PSKG FKIK UMY BLOK TAHUN PERTAMA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
142 | en_US |