Show simple item record

dc.contributor.advisorKURNIASIH, INDRI
dc.contributor.authorBIRRI, INTIHAUN NI’AMATUL
dc.date.accessioned2018-08-23T06:18:42Z
dc.date.available2018-08-23T06:18:42Z
dc.date.issued2018-07-25
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20757
dc.descriptionLatar Belakang: Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang terhadap adanya tujuan dan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Instrumen untuk evaluasi belajar mahasiswa kedokteran gigi adalah Multiple Choice Question (MCQ) dan Objective Structural Clinical Examination (OSCE). MCQ untuk mengukur tingkat pengetahuan mahasiswa. OSCE untuk mengukur penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan OSCE pada mahasiswa PSKG FKIK UMY di tahun pertama. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif PSKG FKIK UMY angkatan 2014, 2015, dan 2016 berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Spearman untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE mahasiswa PSKG FKIK UMY di tahun pertama. Hasil Penelitian: Hasil uji Spearman antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dengan nilai p > 0,05 berarti tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ. Hasil uji Spearman antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE dengan nilai p < 0,05 berarti terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang terhadap adanya tujuan dan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi prestasi belajar mahasiswa. Instrumen untuk evaluasi belajar mahasiswa kedokteran gigi adalah Multiple Choice Question (MCQ) dan Objective Structural Clinical Examination (OSCE). MCQ untuk mengukur tingkat pengetahuan mahasiswa. OSCE untuk mengukur penguasaan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan OSCE pada mahasiswa PSKG FKIK UMY di tahun pertama. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif PSKG FKIK UMY angkatan 2014, 2015, dan 2016 berjumlah 77 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Spearman untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE mahasiswa PSKG FKIK UMY di tahun pertama. Hasil Penelitian: Hasil uji Spearman antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dengan nilai p > 0,05 berarti tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ. Hasil uji Spearman antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE dengan nilai p < 0,05 berarti terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian MCQ dan tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil ujian OSCE.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectmotivasi belajar, hasil ujian MCQ, hasil ujian OSCEen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL UJIAN MCQ DAN OSCE MAHASISWA PSKG FKIK UMY BLOK TAHUN PERTAMAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 142en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record