dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.author | KURNIA, HANIZAH | |
dc.date.accessioned | 2018-08-23T06:23:23Z | |
dc.date.available | 2018-08-23T06:23:23Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20759 | |
dc.description | Tanggung jawab untuk melayani pasien agar mampu meningkatkan mutu
pelayanan kesehatan haruslah dengan sikap bekerjasama. Permasalahan pasien
yang beragam memerlukan keterlibatan lebih dari satu macam tenaga kesehatan.
Akhirnya diadakannya kelompok studi Interprofessional Education yang
merupakan praktek kolaboras i dengan memadukan ilmu keterampilan, sikap,
dan perilaku professional. Sikap tersebut membutuhkan kemampuan berfikir yang
kreatif. Kreatifitas menjadi ukuran yang mampu menempatkan diri dalam bersikap
dan berperilaku dapat membantu dalam bekerja berkolabor asi yang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk
bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif analitik dengan
pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
secara Stratified Random Sampling. Sampel merupakan 221 mahsiswa FKIK
UMY, yaitu 84 mahasiswa PSPD, 46 mahasiswa PSPDG, 39 mahsiswa Farmasi dan
52 mahasiswa PSI K yang seluruhnya memenuhi kriteri inklusi. Pengambilan data
dengan berpedoman pada kuisioner cara berfikir krea Kruskall-Walis.
Hasil penelitian menunjukkan termsuk dalam kategori baik untuk pengaruh cara
berfikir kreatif mahasiswa FKIK UMY yang terpapar IPE pada tahun ketiga yaitu
76,5% (125 mahasiswa dari 221) masuk dalam kategori baik dan sikap untuk
bekerjasama mahsiswa FKIK UMY yaitu 80,3% (135mahasiswa dari 221) masuk
kedalam kategori baik. Dari hasil uji tersebut memperlihatkan hasil bahwa kedua
kuisioner cara berfikir kreatif dan sikap untuk bekerjasama keduanya tidak adanya
perbedaan yang siginifikan (p>0,05) diantara seluruh mahasiswa FKIK UMY.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran
Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk
bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta. | en_US |
dc.description.abstract | Tanggung jawab untuk melayani pasien agar mampu meningkatkan mutu
pelayanan kesehatan haruslah dengan sikap bekerjasama. Permasalahan pasien
yang beragam memerlukan keterlibatan lebih dari satu macam tenaga kesehatan.
Akhirnya diadakannya kelompok studi Interprofessional Education yang
merupakan praktek kolaboras i dengan memadukan ilmu keterampilan, sikap,
dan perilaku professional. Sikap tersebut membutuhkan kemampuan berfikir yang
kreatif. Kreatifitas menjadi ukuran yang mampu menempatkan diri dalam bersikap
dan berperilaku dapat membantu dalam bekerja berkolabor asi yang efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk
bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif analitik dengan
pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
secara Stratified Random Sampling. Sampel merupakan 221 mahsiswa FKIK
UMY, yaitu 84 mahasiswa PSPD, 46 mahasiswa PSPDG, 39 mahsiswa Farmasi dan
52 mahasiswa PSI K yang seluruhnya memenuhi kriteri inklusi. Pengambilan data
dengan berpedoman pada kuisioner cara berfikir krea Kruskall-Walis.
Hasil penelitian menunjukkan termsuk dalam kategori baik untuk pengaruh cara
berfikir kreatif mahasiswa FKIK UMY yang terpapar IPE pada tahun ketiga yaitu
76,5% (125 mahasiswa dari 221) masuk dalam kategori baik dan sikap untuk
bekerjasama mahsiswa FKIK UMY yaitu 80,3% (135mahasiswa dari 221) masuk
kedalam kategori baik. Dari hasil uji tersebut memperlihatkan hasil bahwa kedua
kuisioner cara berfikir kreatif dan sikap untuk bekerjasama keduanya tidak adanya
perbedaan yang siginifikan (p>0,05) diantara seluruh mahasiswa FKIK UMY.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran
Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk
bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Cara Berfikir Kreatif, Sikap Untuk Bekerjasama, Interprofessional Education (IPE) | en_US |
dc.title | PENGARUH PEMBELAJARAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) TERHADAP SIKAP DAN CARA BERFIKIR KREATIF UNTUK BEKERJASAMA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
134 | en_US |