Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorKURNIA, HANIZAH
dc.date.accessioned2018-08-23T06:23:23Z
dc.date.available2018-08-23T06:23:23Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20759
dc.descriptionTanggung jawab untuk melayani pasien agar mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan haruslah dengan sikap bekerjasama. Permasalahan pasien yang beragam memerlukan keterlibatan lebih dari satu macam tenaga kesehatan. Akhirnya diadakannya kelompok studi Interprofessional Education yang merupakan praktek kolaboras i dengan memadukan ilmu keterampilan, sikap, dan perilaku professional. Sikap tersebut membutuhkan kemampuan berfikir yang kreatif. Kreatifitas menjadi ukuran yang mampu menempatkan diri dalam bersikap dan berperilaku dapat membantu dalam bekerja berkolabor asi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik secara Stratified Random Sampling. Sampel merupakan 221 mahsiswa FKIK UMY, yaitu 84 mahasiswa PSPD, 46 mahasiswa PSPDG, 39 mahsiswa Farmasi dan 52 mahasiswa PSI K yang seluruhnya memenuhi kriteri inklusi. Pengambilan data dengan berpedoman pada kuisioner cara berfikir krea Kruskall-Walis. Hasil penelitian menunjukkan termsuk dalam kategori baik untuk pengaruh cara berfikir kreatif mahasiswa FKIK UMY yang terpapar IPE pada tahun ketiga yaitu 76,5% (125 mahasiswa dari 221) masuk dalam kategori baik dan sikap untuk bekerjasama mahsiswa FKIK UMY yaitu 80,3% (135mahasiswa dari 221) masuk kedalam kategori baik. Dari hasil uji tersebut memperlihatkan hasil bahwa kedua kuisioner cara berfikir kreatif dan sikap untuk bekerjasama keduanya tidak adanya perbedaan yang siginifikan (p>0,05) diantara seluruh mahasiswa FKIK UMY. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.en_US
dc.description.abstractTanggung jawab untuk melayani pasien agar mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan haruslah dengan sikap bekerjasama. Permasalahan pasien yang beragam memerlukan keterlibatan lebih dari satu macam tenaga kesehatan. Akhirnya diadakannya kelompok studi Interprofessional Education yang merupakan praktek kolaboras i dengan memadukan ilmu keterampilan, sikap, dan perilaku professional. Sikap tersebut membutuhkan kemampuan berfikir yang kreatif. Kreatifitas menjadi ukuran yang mampu menempatkan diri dalam bersikap dan berperilaku dapat membantu dalam bekerja berkolabor asi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktiptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik secara Stratified Random Sampling. Sampel merupakan 221 mahsiswa FKIK UMY, yaitu 84 mahasiswa PSPD, 46 mahasiswa PSPDG, 39 mahsiswa Farmasi dan 52 mahasiswa PSI K yang seluruhnya memenuhi kriteri inklusi. Pengambilan data dengan berpedoman pada kuisioner cara berfikir krea Kruskall-Walis. Hasil penelitian menunjukkan termsuk dalam kategori baik untuk pengaruh cara berfikir kreatif mahasiswa FKIK UMY yang terpapar IPE pada tahun ketiga yaitu 76,5% (125 mahasiswa dari 221) masuk dalam kategori baik dan sikap untuk bekerjasama mahsiswa FKIK UMY yaitu 80,3% (135mahasiswa dari 221) masuk kedalam kategori baik. Dari hasil uji tersebut memperlihatkan hasil bahwa kedua kuisioner cara berfikir kreatif dan sikap untuk bekerjasama keduanya tidak adanya perbedaan yang siginifikan (p>0,05) diantara seluruh mahasiswa FKIK UMY. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran Interprofessional Education (IPE) terhadap sikap dan cara berfikir kreatif untuk bekerjasama mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.en_US
dc.publisherFAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCara Berfikir Kreatif, Sikap Untuk Bekerjasama, Interprofessional Education (IPE)en_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) TERHADAP SIKAP DAN CARA BERFIKIR KREATIF UNTUK BEKERJASAMA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FKIK 134en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record