Browsing Department of Tarbiyah by Author "MADJID, ABD"
Now showing items 1-13 of 13
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AGRESIVITAS REMAJA DAN PENANGANANNYA MELALUI BIMBINGAN KONSELING DI SMA MUHAMMADIYAH 6 YOGYAKARTA
PUTRI, WIDIA (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku agresif; 2) bentuk-bentuk perilaku agresif; 3) hasil penanganan perilaku agresif oleh guru Bimbingan Konseling. Penelitian ... -
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR VAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEMUHAMMADIYAHAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA
WIDYASTUTI, ANISA WAHYU (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-16)Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan minat belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (2) mendeskripsikan gaya belajar VAK Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta; (3) ... -
HUBUNGAN PARENTING STYLE DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA
NURMEDITASARI, NURMEDITASARI (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pola asuh orang tua dengan bullying siswa kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 7 Yogykarta, 2) mengetahui perilaku bullying dan membentuk karakter anak agar terhindar dari kasus ... -
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN GEMAR MEMBACA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA
AL-ALI, HUR' INUL JANAH (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis bagaimana proses implementassi pendidikan karakter religius dan gemar membaca, 2) menggambarkan bagaiman perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter religius dan gemar ... -
INTERNALISASI KECERDASAN EMOSIONAL DI SANGGAR ANAK ALAM BANTUL YOGYAKARTA
NUR, FINA ALFI (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam serta faktor pendukung dan penghambat internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam. Jenis penelitian ... -
KREATIVITAS GURU DALAM MENERAPKAN METODE MENDONGENG DI RAUDHATUL ATHFAL MASYITHOH KANGKUNG DESA NGEPOSARI KECAMATAN SEMANU
WARDANI, RISKA RAHAYU (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-12-07)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru dalam menggunakan metode mendongeng di Raudhathul Masyithoh Kangkung Desa Ngeposari Kecamatan Semanu, serta menganalisis problematika implementasi kreativitas ... -
METODE PEMBINAAN AKHLAK BAGI SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH I SENTOLO YOGYAKARTA
ASTUTI, YELYANA DWI (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Sentolo. Yang beralamat di Ngeplang, Sentolo, Kulon Progo Tujuan dari penelitian ini adalah: (1), untuk mengungkap metode pembinaan akhlak yang dilakukan (2), untuk ... -
MODEL PEMBELAJARAN AKIDAH Telaah Kisah Ibrahim dalam Al-Qur’an Menurut Ahmad Musṭafâ Al-Marâgî
MUQOMAH, DZAWIL (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Akidah merupakan suatu pondasi agama yang harus diajarkan kepada seluruh umat Islam. Dalam melakukan pengajaran, seorang guru memerlukan adanya model pembelajaran, karena tanpa adanya model pembelajaran yang dikembangkan ... -
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
SAGITA, ARMINA DEWI (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang ibu wali murid TPA Dharma Wanita RSUP Dr. Sardjito menjadi wanita karier, menganalisis peran wanita karier dalam mengoptimalkan pendidikan karakter anak usia dini, ... -
PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ANGKATAN 2018
ALIFAH, HAFSAH NUR (PAI UMY, 2020)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis religiusitas mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2018. 2) Menganalisis kecerdasan emosi mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas ... -
PERBEDAAN TINGKAT PENYESUAIAN DIRI DAN KEMANDIRIAN MAHASISWA PAI UMY DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
SARI, LAILA (FAKULTAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat penyesuaian diri dan kemandirian mahasiswa PAI UMY ditinjau dari jenis kelamin. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk membuktikan apakah ada perbedaan ... -
STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS (GPK) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
LUTHFI, TALITA NURMALA (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru pendamping khusus dalam implementasi Kurikulum 2013 bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta serta faktor pendukung, ... -
ULU AL-ALBAB DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ATAS TAFSIR RUH AL-MA’ANI FI TAFSIR AL-QUR’AN AL-ADZIM WA SAB’I AL-MASANI KARYA AL-ALUSI SURAT ALI-IMRAN AYAT 190-195 DAN SURAT AZ-ZUMAR AYAT 9, 18 DAN 21)
DINA, SALIS AFLAHA (FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-21)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran al-Alūsī dalam kitab tafsir Rūh al-Ma’ānῑ fῑ tafsir al-Qur’ān al-ādzῑm wa sab’i al-masānῑ mengenai ulū al-albāb dalam al-Qur’ān Surat Ali-Imran ayat 190-195, dan Surat ...