Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMADAYANTI, INDRI WAHYU
dc.date.accessioned2018-08-27T03:03:15Z
dc.date.available2018-08-27T03:03:15Z
dc.date.issued2018-05-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/20835
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru pendidikan agama Islam pada MGMP PAI SMK se-kota Madya Yogyakarta, untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam pada MGMP PAI SMK se-Kota Madya Yogyakarta, dan untuk mengetahui kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam penggunaan media audio visual pada MGMP PAI SMK se-Kota Madya Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan “field research”, dengan subjek penelitian yang diambil secara purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja yang ditentukan sendiri oleh peneliti atas pertimbangan tertentu serta rekomendasi dari ketua MGMP PAI SMK kota Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa Kreativitas guru pendidikan agama Islam pada MGMP PAI SMK kota Yogyakarta secara keseluruhan sudah dapat dikatakan kreatif dengan karakteristik fleksibel, humoris, inspiratif, lembut, disiplin, respondsive. kreativitas guru PAI pada MGMP PAI SMK kota Yogyakarta digambarkan dengan: (1) Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang menarik dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti role playing, market place, praktikum, metode induktif atau biasa disebut metode discovery, dan metode proyek. Adapun media yang digunakan oleh guru adalah media audio visual berupa video yang berkaitan dengan materi pembelajaran. (2) Proses pembelajaran yang dilakukan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran PAI sudah dilakukan dengan baik dan bervariasi. Guru sudah mampu memilih media pembelajaran dalam proses seleksi, desain, serta guru mampu menggunakannya sebagai bagian integral dari system pembelajaran. Kemampuan guru dalam penggunaan media audio visual pada guru Pendidikan Agama Islam pada MGMP PAI SMK kota Yogyakarta telah mampu dalam menggunakan media audio visual yang tepat digunakan pada saat pembelajaran salah satunya yaitu dengan penggunaan video yang mampu membangkitkan minat belajar serta motivasi belajar siswa SMK.en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine the creativity of Islamic education teachers in the MGMP PAI SMK in Yogyakarta municipality, to know and to analyze the use of learning media of Islamic education at the MGMP PAI SMK in Yogyakarta municipality, and to determine the ability of Islamic education teachers in the use audio visual media at MGMP PAI SMK in Yogyakarta City. This research used field research approach, with research subject taken by purposive sampling that is intentionally purposive sampling technique doing by researcher on certain consideration and recommendation from chairman of MGMP PAI SMK Yogyakarta municipality. The data collected by data collecting technique in the form of interview, observation and documentation by using descriptive qualitative data analysis. The results show that the creativity of Islamic education teachers on the MGMP PAI SMK Yogyakarta municipality entirely can be said as creative teachers with the characteristics of flexible, humorous, inspirational, gentle, disciplined, responsive. The creativity of PAI teachers in MGMP PAI SMK Yogyakarta municipality are illustrated by: (1) Making an Interesting Lesson Plan using varied learning methods such as role playing, market place, practicum, inductive method or so-called discovery method, and project method. The media used by the teacher is the audiovisual media in the form of video related to the learning materials. (2) The learning process can create a fun learning atmosphere. The use of PAI learning media has been done well and varied. Teachers have been able to choose the learning media in the selection process, design, and teachers are able to use it as an integral part of the learning system. The ability of teachers in the use of audio visual media in teachers of Islamic Education at the MGMP PAI SMK Yogyakarta municipality has been able to use appropriate audiovisual media at the time of learning, one of them is the use of video that is able to generate interest in learning and motivation of learning SMK students.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectIslamic education Teachers’ Creativity, Audio Visual Media. Kreativitas Guru PAI, Media Audio Visualen_US
dc.titleKREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MGMP PAI SMK SE-KOTA MADYA YOGYAKARTAen_US
dc.title.alternativeINDRI WAHYU RAHMADAYANTIen_US
dc.typeThesis SKR FAI 06r5en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record