Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorANGGRINI, PRISMA
dc.date.accessioned2018-09-07T01:09:50Z
dc.date.available2018-09-07T01:09:50Z
dc.date.issued2018-07-28
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21090
dc.descriptionTribun Jogja adalah salah satu media cetak yang cukup lihai dalam mengolah materi pemberitaan sedemikian rupa, mulai dari tata letak foto sampai penempatan rubrik. Tribun Jogja merupakan media cetak lokal yang mempunyai rubrik film dan selalu aktif memberitakan film lokal maupun film nasional. Maka dari itu fokus utama dalam penelitian ini adalah menganalisis manjemen redaksional pemberitaan film di ruang redaksi Tribun Jogja yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksional pemberitaan film di ruang redaksi, untuk mendesksripsikan tahapan dalam proses penyusunan pemberitaan film lokal maupun nasional dan pemetaan pemberitaan film lokal dan nasional di media cetak Tribun Jogja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara kepada 4 (empat) narasumber Tribun Jogja. Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen redaksional yang diterapkan oleh media cetak Tribun Jogja lebih mengarah kepada manajemen bisnis. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan nama “manajer” yang digunakan pada bagian redaksi sehingga tidak terlihat garis yang membatasi antara manajemen bisnis dan redaksional. Tribun Jogja telah memetakan berita film lokal dan berita film nasional, pemberitaan film lokal berada pada rubrik Kine Tribun yang diliput langsung oleh wartawan khusus film Tribun Jogja sedangkan film nasional atau film komersil di letakan pada rubrik Gossip yang diliput oleh wartawan yang bertugas di Jakarta.en_US
dc.description.abstractTribun Jogja is one of the local printed media company that qualified in managing news material, which starting from photo layout until placement of rubric. Tribun Jogja also have a film’s rubric that especially attest local and national cinemas. Therefore focus in this research is to analyze the editorial management of film’s articles in the Tribun Jogja’s editorial room. Purposely to cognize the process of editorial supervision of film’s articles, to describe every stages in planning the local or national film’s articles and the mapping of local and national film’s articles in Tribun Jogja’s editorial room. This research used descriptive qualitative as the research methodology. Data was obtained by observation, documentation and interviews. The interviews were conducted with 4 (four) participants Tribun Jogja. The data analysis method used triangulation source. The result shows that the editorial management that implemented by Tribun Jogja is indirectly to be business management. It’s shows from the use of “manager”in redactional section so there’s only thin line which divide business management and redactional management. Tribun Jogja has mapped the local film and national film articles. Local films placed in the Kine Tribun rubric and directly covered by journalists from Tribun Jogja, while national films or commercial films are placed in the Gossip rubric and covered by journalists from Jakarta.en_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectEditorial Management, Cinema, Local Printed Media, News Production. Manajemen Redaksional, Film, Media Cetak Lokal, Produksi Beritaen_US
dc.titleMANAJEMEN REDAKSIONAL PEMBERITAAN FILM DI RUANG REDAKSI TRIBUN JOGJAen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 493en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record