Show simple item record

dc.contributor.advisorIshak, Aswad
dc.contributor.authorAIMAH, HARMA USWATUL
dc.date.accessioned2018-09-07T02:26:44Z
dc.date.available2018-09-07T02:26:44Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21102
dc.descriptionDesa Wisata Pentingsari merupakan salah satu pelopor desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Banyaknya desa wisata yang bermunculan dan menunjukkan perkembangannya menjadi salah satu faktor penurunan jumlah wisata tersebut. Sehingga dalam rangka memenuhi standar dan meningkatkan objek wisata diperlukan suatu kajian untuk melihat kualitas dari objek wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan wisatawan terhadap kualitas atribut destinasi wisata yang terdiri dari komponen 6A (Attractions, Accessibility, Available Packages, Activities, and Ancillary Service). Penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang dilakukan, didapatkan bahwa tanggapan wisatawan terhadap atribut yang ditawarkan Desa Wisata Pentingsari dipersepsikan positif terhadap beberapa komponen atribut wisata yakni sebagai destinasi wisata alam dan wisata budaya (attractions), memiliki aksesibilitas yang mudah dijangkau dengan kondisi jalan yang baik, adanya penerang jalan,dan papan petunjuk jalan membantu wisatawan menuju lokasi (accessibility), memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan seperti akomodasi/penginapan, toilet umum, kebersihan lingkungan dan air bersih, serta lahan parkir (amenities), menyediakan paket perjalanan dengan biro wisata dan memberi layanan paket wisata yang sebanding dengan harga yang dibayarkan (available packages), memiliki suasana yang mendukung untuk beristirahat dan mempunyai aktivitas yang dapat memberi pengalaman langsung terkait eksplorasi alam, budaya, kuliner khas, dan bakti sosial (activities), adanya layanan tambahan yang memberi kemudahan jaringan telekomunikasi, memiliki pemandu yang ramah, informatif dan komunikatif (available packages). Kategorisasi aspek lain belum sepenuhnya dipersepsikan positif oleh wisatawan karena belum mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan seperti ketersediaan sarana transportasi umum, fasilitas toko cinderamata, dan layanan pusat informasi. Secara tidak langsung persepsi positif dapat menarik jumlah kunjungan, kepuasan, dan loyalitas wisatawan.en_US
dc.description.abstractDesa Wisata Pentingsari merupakan salah satu pelopor desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Banyaknya desa wisata yang bermunculan dan menunjukkan perkembangannya menjadi salah satu faktor penurunan jumlah wisata tersebut. Sehingga dalam rangka memenuhi standar dan meningkatkan objek wisata diperlukan suatu kajian untuk melihat kualitas dari objek wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan wisatawan terhadap kualitas atribut destinasi wisata yang terdiri dari komponen 6A (Attractions, Accessibility, Available Packages, Activities, and Ancillary Service). Penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang dilakukan, didapatkan bahwa tanggapan wisatawan terhadap atribut yang ditawarkan Desa Wisata Pentingsari dipersepsikan positif terhadap beberapa komponen atribut wisata yakni sebagai destinasi wisata alam dan wisata budaya (attractions), memiliki aksesibilitas yang mudah dijangkau dengan kondisi jalan yang baik, adanya penerang jalan,dan papan petunjuk jalan membantu wisatawan menuju lokasi (accessibility), memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan seperti akomodasi/penginapan, toilet umum, kebersihan lingkungan dan air bersih, serta lahan parkir (amenities), menyediakan paket perjalanan dengan biro wisata dan memberi layanan paket wisata yang sebanding dengan harga yang dibayarkan (available packages), memiliki suasana yang mendukung untuk beristirahat dan mempunyai aktivitas yang dapat memberi pengalaman langsung terkait eksplorasi alam, budaya, kuliner khas, dan bakti sosial (activities), adanya layanan tambahan yang memberi kemudahan jaringan telekomunikasi, memiliki pemandu yang ramah, informatif dan komunikatif (available packages). Kategorisasi aspek lain belum sepenuhnya dipersepsikan positif oleh wisatawan karena belum mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan seperti ketersediaan sarana transportasi umum, fasilitas toko cinderamata, dan layanan pusat informasi. Secara tidak langsung persepsi positif dapat menarik jumlah kunjungan, kepuasan, dan loyalitas wisatawan.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPersepsi, Wisatawan, Objek Wisataen_US
dc.titleTANGGAPAN WISATAWAN TERHADAP KUALITAS ATRIBUT TUJUAN WISATA (ATTRACTIONS, ACCESSIBILITY, AMENITIES, AVAILABLE PACKAGES, ACTIVITIES, AND ANCILLARY SERVICES) YANG DITAWARKAN DESA WISATA PENTINGSARI KABUPATEN SLEMANen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 536en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record