Now showing items 51-70 of 117

    • IDIOM BAHASA JEPANG BERMAKNA EMOSI 

      SETIAWAN, EKO (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-18)
      This research was conducted to figure out Japanese language idiom that has meaning of emotions. The purpose of this research is to find out the various idioms that have emotions meanings and which of them have similar ...
    • IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG 

      HERMAWAN, MUHAMMAD FERDI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-12-10)
      Scientific approach is a learning approach that is carried out by scientific steps, namely by identifying problems, asking questions or hypotheses, observations or experiments to obtain data, analyze data, then ...
    • KAJIAN MORFOLOGI SHOURYAKUGO PADA MEDIA SOSIAL TWITTER 

      DEVANTO, HENDITYO SURYO (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2019-07-12)
      This research is focus on process of shouryakugo on Social Media Twitter. This research was conducted to find out the shouryakugo form on social media of twitter. This study aims to determine the type and process of ...
    • KEEFEKTIFAN APLIKASI ANDROID “KANJI MEMORY HINT 2” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS KANJI 

      MUSTIKA, SISKA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-18)
      Kanji is one of the Japanese letters. To be able good skills of Japanese language, the basic level Japanese learner must comply four demands of language skills. The four demands of language skills are listening skills, ...
    • KEEFEKTIFAN E-LEARNING AJALT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      NURFAUZIAH, TIFA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-11-18)
      Penelitian ini mengenai keefektifan media e-learning AJALT sebagai media pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar kosakata bahasa Jepang mahasiswa yang tidak menggunakan ...
    • KEEFEKTIFAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      NUGROHO, EKO NOVIANTO (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-07)
      Kurangnya penguasaan kosakata dikalangan siswa merupakan suatu hambatan untuk bisa berbahasa Jepang dengan baik. Media berperan penting untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pemilihan media yang baik menjadi ...
    • KEEFEKTIFAN KARTU KANA AKAITO DALAM ORIENTASI KANA BAHASA JEPANG 

      ARIFIN, MOHAMAT (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-18)
      One of the important factors in learning Japanese language is to master the Japanese characters, especially hiragana and katakana or often called as kana.􀀁 Basic Japanese language learners especially high school students ...
    • KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD STIKER LINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      PUTRANTO, YUNUS BAGAS (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-08-21)
      Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media pembelajaran yang sudah umum digunakan yaitu flashcard. Hal yang membedakan adalah media flashcard pada penelitian ini dikombinasikan dengan stiker Line. Stiker Line digunakan ...
    • KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN ACAK HURUF HIRAGANA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      AJI, KUKUH SASONGKO (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-11-19)
      The research entitled about The Effectiveness of the Hiragana Random Letters Game Media to Improve Japanese Vocabulary Comprehension. This study using a true experimental design of quantitative method, with the sample is ...
    • KEEFEKTIFAN MEDIA WORD SQUARE DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      YULVIRAWATI, YULVIRAWATI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)
      Penelitian ini berjudul keefektifan media word square dalam penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap pembelajar bahasa Jepang. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap pembelajar ...
    • KEEFEKTIFAN METODE JIGSAW UNTUK PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      LINDAWATI, LINDAWATI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)
      Kosakata atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Goi memiliki jumlah yang sangat banyak. Metode pembelajaran juga memengaruhi pembelajar terhadap pemahaman kosakata tersebut. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti ...
    • KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN APLIKASI N4 KANJI QUIZ PADA SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KANJI DASAR N4 

      SYAM, ASRI ASHARI (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-07-21)
      Kanji jika dibandingkan dengan huruf lainnya memiliki keunikan tersendiri. Keunikan ini terdiri dari bentuknya, jumlah coretan, cara baca yang terdiri dari cara baca Tiongkok (onyomi) dan cara baca Jepang (kunyomi). Hal ...
    • KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN ICON DALAM PENGUASAAN PARTIKEL DE PADA KALIMAT BAHASA JEPANG 

      ULWIYAH, LULUK (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-13)
      Pada pembelajaran bahasa Jepang, guru harus mampu mencari strategi pembelajaran yang tepat agar siswa dengan mudah memahami apa yang dipelajari. Oleh karena itu, penggunaan media untuk pembelajaran juga diperlukan. Pada ...
    • KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      SARI, RAHAYU PRAMITA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017)
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) keefektifan penggunaan media crossword puzzle dalam peningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta; (b) respon siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta ...
    • KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU ILUSTRASI TERHADAP PENGUASAAN PEMBELAJARAN POLA KALIMAT DASAR BAHASA JEPANG 

      SEKAR, MARHASTI KISWA ARUM (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-05-12)
      Saat ini siswa tingkat SMP sudah mulai tertarik belajar bahasa Jepang, salah satu sekolah yang menyelenggarakan pembelajaran bahasa Jepang adalah SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pada tingkat SMP ditemukan kendala tentang ...
    • KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN KANJI 

      JATI, INDAH KUSUMANING (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-05-18)
      Kanji is considered one of the hardest subjects in the Japanese language, especially for learners who come from a non-kanji country. Therefore, they are not used to writing in kanji, and the lack of exercise makes an impact ...
    • KEEFEKTIFAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      PANGESTU, UJANG (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-12-04)
      Selama melaksanakan observasi kegiatan belajar mengajar di SMA Negeri 4 Yogyakarta, peneliti menemukan beberapa masalah yang menurut peneliti perlu mendapat perhatian. Salah satunya adalah pembelajaran bahasa Jepang yang ...
    • KEEFEKTIFANMEDIA KARTU KUARTET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAANKOSAKATA BAHASA JEPANG 

      STEVANI, TRISILIA (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-07-19)
      Penelitian ini menggunakanmetode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatifasosiatif dengan bentuk hubungan kausal.Fokus utama pada penelitian ini adalahpenggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan penguasaan ...
    • KORELASI ANTARA MINAT PADA BUDAYA JEPANG DENGAN HASIL BELAJAR HURUF DAN KOSAKATA BAHASA JEPANG 

      HASANAH, YULI FITRIANI NUR (FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2017-11-17)
      Proses belajar mengajar didasari oleh minat siswa pada pelajaran yang akan dipelajari. Hal tersebut akan berpengaruh pada motivasi siswa dalam belajar, yang tentunya akan berpengaruh juga pada hasil belajar siswa. Pada ...
    • KORELASI ANTARA MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL NIHONGO NOURYOKU SHIKEN N3 

      WARISMAN, RATI NARENDRA (FPB UMY, 2019)
      日本語能力試験 N3 は、ジョグジャカルタムハマディヤ大学の日本 語教育学科の卒業生が達成しなければならない言語能力がある。しかし、 現実的には、合格していない学習者がまだ多いという傾向ある。したがっ て、研究者は 2018-2019 年度のジョグジャカルタムハマディヤ大学の日本 語教育学科の学習者の四年生の動機付けと学習習慣、これらと日本語能力 試験 N3 の結果に対する相関関係を見るためにおこなっている。本研究で ...