Show simple item record

dc.contributor.authorIKHWANI, DINA ALFIANA
dc.date.accessioned2018-09-18T03:52:10Z
dc.date.available2018-09-18T03:52:10Z
dc.date.issued2018-09-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21314
dc.descriptionLatar Belakang: Evidence based practice adalah sisntesis ataupun penggunaan bukti-bukti empiris yang yang meliputi research (penelitian), pendapat ahli, ataupun laporan kasus dengan mempertimbangkan patient preference atau pilihan pasien. Pembelajaran EBP dengan pendekatan group discussion dapat menjadi starategi untuk meningkatkan critical thinking. evidence based practice dapat meningkatkan self-trust dan self-confidence yang merupakan komponen critical thinking (Zadeh, 2014) dan (Madarshahian et al., 2012) Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran EBP terhadap peningkatan berpikir kritis mahasiswa keperawatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test without control group. Jumlah sampel 61 mahasiswa dengan teknik total sampling. Responden diberikan intervensi berupa pembelajaran evidence based practice. Hasil: Berdasarkan hasil uji wilcoxon terlihat perbedaan yang signifikan critical thinking mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi dengan hasil p value 0,00. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran evidence based practice terhadap critical thinking. Diharapkan metode pembelajaran EBP ini dapat diintegrasikan kedalam kurikulum pendidikan keperawatan.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Evidence based practice adalah sisntesis ataupun penggunaan bukti-bukti empiris yang yang meliputi research (penelitian), pendapat ahli, ataupun laporan kasus dengan mempertimbangkan patient preference atau pilihan pasien. Pembelajaran EBP dengan pendekatan group discussion dapat menjadi starategi untuk meningkatkan critical thinking. evidence based practice dapat meningkatkan self-trust dan self-confidence yang merupakan komponen critical thinking (Zadeh, 2014) dan (Madarshahian et al., 2012) Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran EBP terhadap peningkatan berpikir kritis mahasiswa keperawatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test without control group. Jumlah sampel 61 mahasiswa dengan teknik total sampling. Responden diberikan intervensi berupa pembelajaran evidence based practice. Hasil: Berdasarkan hasil uji wilcoxon terlihat perbedaan yang signifikan critical thinking mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi dengan hasil p value 0,00. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran evidence based practice terhadap critical thinking. Diharapkan metode pembelajaran EBP ini dapat diintegrasikan kedalam kurikulum pendidikan keperawatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectCRITICAL THINKINGen_US
dc.subjectEVIDENCE BASED PRACTICEen_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN EVIDENCE-BASED PRACTICE TERHADAP CRITICAL THINKING MAHASISWA KEPERAWATAN DI STIKES MATARAMen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record