Show simple item record

dc.contributor.authorBUDIMAN, ARIEF
dc.date.accessioned2018-09-18T04:23:23Z
dc.date.available2018-09-18T04:23:23Z
dc.date.issued2018-09-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21320
dc.descriptionLatar Belakang: Student Teams Achievement Division (STAD) adalah salah satu metode pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dimana berpikir kritis merupakan kompetensi dasar dari seorang perawat, kemampuan berpikir kritis salahsatunya ditentukan oleh efikasi diri yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa Diploma III Keperawatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test nonequivalent control group. Jumlah sampel 86 mahasiswa dengan teknik total sampling (42 mahasiswa pada kelompok intervensi dan 44 mahasisswa pada kelompok kontrol) yang diberikan intervensi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data dikumpulkan dengan kuesioner Critical Thinking Disposition Self Rating Form (CTDSRF) dan Motivational Strategies for Learning Quesstionnaire (MSLQ) subscale self efficacy for learning and Performance. Hasil: Berdasarkan hasil uji paired t-test dan independen t-test terlihat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada kelompok intervensi maupun kelompok kontrol dan juga terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sesudah intervensi dengan hasil masing-masing p value < 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa Diploma III keperawatan.Diharapkan metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai bentuk inovasi alternatif bagi pembelajaran mahasiswa.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Student Teams Achievement Division (STAD) adalah salah satu metode pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dimana berpikir kritis merupakan kompetensi dasar dari seorang perawat, kemampuan berpikir kritis salahsatunya ditentukan oleh efikasi diri yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa Diploma III Keperawatan. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test nonequivalent control group. Jumlah sampel 86 mahasiswa dengan teknik total sampling (42 mahasiswa pada kelompok intervensi dan 44 mahasisswa pada kelompok kontrol) yang diberikan intervensi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data dikumpulkan dengan kuesioner Critical Thinking Disposition Self Rating Form (CTDSRF) dan Motivational Strategies for Learning Quesstionnaire (MSLQ) subscale self efficacy for learning and Performance. Hasil: Berdasarkan hasil uji paired t-test dan independen t-test terlihat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa sebelum dan sesudah pemberian intervensi pada kelompok intervensi maupun kelompok kontrol dan juga terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol sesudah intervensi dengan hasil masing-masing p value < 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap berpikir kritis dan efikasi diri mahasiswa Diploma III keperawatan.Diharapkan metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai bentuk inovasi alternatif bagi pembelajaran mahasiswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMKEP UMYen_US
dc.subjectEFIKASI DIRIen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)en_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI MAHASISWA DIPLOMA III KEPERAWATANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record