dc.contributor.advisor | PERMATASARI, ANE | |
dc.contributor.author | FATMAWATI, DESSY | |
dc.date.accessioned | 2018-09-29T02:58:43Z | |
dc.date.available | 2018-09-29T02:58:43Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21604 | |
dc.description | Skripsi ini berjudul “Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional
(JKN) di Puskesmas Kasihan II Tahun 2016-2017”.Setiap manusia berhak
mendapatkan kesehatan dalam jiwa, badan maupun sosial. Bagi masyarakat
miskin, makanan bergizi jarang sekali masuk kedalam tubuh, bahkan untuk makan
sehari-hari terkadang susah didapatkan dan masalah pada kebersihan lingkungan
juga sudah biasa bagi masyarakat kurang mampu. Sehingga, dengan kondisi
ekonomi masyarakat yang tidak berkecukupan akan berdampak pada kualitas
pelayanan kesehatan yang akan diperoleh. DiIndonesia, saat ini tingkat
kemiskinan semakin menjadi-jadi, sehingga untuk mecukupi kualitas kesehatan
pun menjadi terhambat. Dengan kejadian tersebut, pemerintah selaku aparatur
yang berwenang untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di Indonesia telah
membuat program yang dapat memudahkan masyarakat untuk menerima kualitas
pengobatan kesehatan yang baik.Program tersebut adalah Jaminan Kesehatan
Nasional.Program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat menengah ke
bawah untuk mendapatkan kesetaraan tingkat pelayanan di rumah sakit dan di
puskesmas.Sehingga masyarakat dapat mendapatkan kualitas pengobatan dalam
kesehatan dengan baik.Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan
masalah yaitu “Bagaimana Implementasi Program JKNdi Puskesmas Kasihan II
Tahun 2016-2017”.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Dalam penelitian ini peneliti
memperoleh data dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan
dokumentasi.Wawancara dilakukan dengan pihak dari puskesmas dan warga
masyarakat yang berobat di Puskesmas Kasihan II.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi dari program yang di
jalankan di Puskesmas Kasihan II sudah berjalan dengan baik.Secara keseluruhan,
jarang adanya komplen dari masyarakat yang menjadi salah satu bukti bahwa
program JKN yang dijalankan di Puskesmas Kasihan II, telah terlaksana dengan
baik. Komunikasi yang terjalinantara pegawai dengan masyarakat dan instansi
lain sudah berjalan baik. Sumber daya yang ada seperti sumber daya manusia,
informasi, financial dan sarana prasarana sudah mencukupi di Puskesmas Kasihan
II. Pelaksana kebijakan juga sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. SOP
yang menjadi acuan pelaksanaan program sudah sesuai dengan kebutuhan
masyarakat.
Berdasarkan penelitian di atas penulis merekomendasikan, untuk terus
meningkatkan lagi kerjasama dan komunikasi para penyelenggara program, agar
program JKN ini bisa berjalan dengan semakin baik lagi. Peningkatan manajemen
program JKN dilakukan dengan cara terus evaluasi secara rutin oleh seluruh
pihak. | en_US |
dc.description.abstract | Skripsi ini berjudul “Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional
(JKN) di Puskesmas Kasihan II Tahun 2016-2017”.Setiap manusia berhak
mendapatkan kesehatan dalam jiwa, badan maupun sosial. Bagi masyarakat
miskin, makanan bergizi jarang sekali masuk kedalam tubuh, bahkan untuk makan
sehari-hari terkadang susah didapatkan dan masalah pada kebersihan lingkungan
juga sudah biasa bagi masyarakat kurang mampu. Sehingga, dengan kondisi
ekonomi masyarakat yang tidak berkecukupan akan berdampak pada kualitas
pelayanan kesehatan yang akan diperoleh. DiIndonesia, saat ini tingkat
kemiskinan semakin menjadi-jadi, sehingga untuk mecukupi kualitas kesehatan
pun menjadi terhambat. Dengan kejadian tersebut, pemerintah selaku aparatur
yang berwenang untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di Indonesia telah
membuat program yang dapat memudahkan masyarakat untuk menerima kualitas
pengobatan kesehatan yang baik.Program tersebut adalah Jaminan Kesehatan
Nasional.Program ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat menengah ke
bawah untuk mendapatkan kesetaraan tingkat pelayanan di rumah sakit dan di
puskesmas.Sehingga masyarakat dapat mendapatkan kualitas pengobatan dalam
kesehatan dengan baik.Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan
masalah yaitu “Bagaimana Implementasi Program JKNdi Puskesmas Kasihan II
Tahun 2016-2017”.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Dalam penelitian ini peneliti
memperoleh data dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan
dokumentasi.Wawancara dilakukan dengan pihak dari puskesmas dan warga
masyarakat yang berobat di Puskesmas Kasihan II.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi dari program yang di
jalankan di Puskesmas Kasihan II sudah berjalan dengan baik.Secara keseluruhan,
jarang adanya komplen dari masyarakat yang menjadi salah satu bukti bahwa
program JKN yang dijalankan di Puskesmas Kasihan II, telah terlaksana dengan
baik. Komunikasi yang terjalinantara pegawai dengan masyarakat dan instansi
lain sudah berjalan baik. Sumber daya yang ada seperti sumber daya manusia,
informasi, financial dan sarana prasarana sudah mencukupi di Puskesmas Kasihan
II. Pelaksana kebijakan juga sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. SOP
yang menjadi acuan pelaksanaan program sudah sesuai dengan kebutuhan
masyarakat.
Berdasarkan penelitian di atas penulis merekomendasikan, untuk terus
meningkatkan lagi kerjasama dan komunikasi para penyelenggara program, agar
program JKN ini bisa berjalan dengan semakin baik lagi. Peningkatan manajemen
program JKN dilakukan dengan cara terus evaluasi secara rutin oleh seluruh
pihak. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | wawancara | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI PUSKESMAS KASIHAN II TAHUN 2016 - 2017 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
573 | en_US |