Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorHAQ, FAHMY ABDUL
dc.date.accessioned2018-10-01T03:29:35Z
dc.date.available2018-10-01T03:29:35Z
dc.date.issued2018-02-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21636
dc.descriptionKejadian prahipertensi pada usia muda berkembang secara progresif dari tahun ke tahun. Remaja yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat mempunyai risiko lebih besar mengalami penyakit hipertensi dibandingkan dengan gaya hidupnya sehat . Perilaku yang didasari oleh pengetahuan dan sikap yang positif maka perilaku tersebut akan bersifat menetap sehingga lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan gaya hidup seseorang. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan seseorang adalah dengan pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh audiovisual pendidikan kesehatan tentang hipertensi terhadap perilaku pencegahan hipertensi pada remaja di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design, dengan rancangan pretest-postest group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 96 siswa, yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 48 siswa kelompok intervensi dan 48 siswa kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument penelitian menggukaan kuesioner perilaku pencegahan hipertensi yang diberikan sebelum dan sesudah mendapat pendidikan kesehatan. Analisis data penelitian menggunakan uji beda, yaitu Wilcoxon test dan Mann-Whitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami perubahan perilaku pencegahan hipertensi pada kelompok intervensi (37 siswa) lebih banyak dibanding kelompok kontrol (31 siswa) dengan nilai signifikansi p>0,05. Jadi pendidikan kesehatan dengan media audiovisual cenderung meningkatkan perilaku pencegahan hipertensi pada remaja namun tidak berpengaruh secara statistik.en_US
dc.description.abstractThe incidence of precancer at young age develops progressively from year to year. Teenagers who have an unhealthy lifestyle have a greater risk of hypertensive disease compared with a healthy lifestyle. Behavior based on positive knowledge and attitude then the behavior will be settled so that over time will become a habit and lifestyle. One way to increase one's knowledge is by health education. This study aims to determine the effect of audiovisual health education on hypertension against hypertension prevention behavior in adolescents in SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. The type of research used is quasi experimental design, with pretest-postest group design design. The sample of the study was 96 students of class X, which then divided into 2 groups, 48 intervention group students and 48 control group students. Sampling technique using purposive sampling. The instrument of study was to question the hypertension prevention behaviors given before and after health education. Analysis of research data using different test, namely Wilcoxon test and Mann-Whitney test. The results showed that the number of students who experienced changes in hypertensive prevention behavior in the intervention group (37 students) more than the control group (31 students) with significance p> 0,05. So health education with audiovisual media tends to increase hypertension prevention behavior in adolescents but not statistically significant.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectaudiovisual health education, hypertension prevention behavior, adolescents. audiovisual pendidikan kesehatan, perilaku pencegahan hipertensi, remajaen_US
dc.titlePENGARUH AUDIOVISUAL PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN HIPERTENSIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record