Show simple item record

dc.contributor.advisorISHAK, ASWAD
dc.contributor.authorNISA, ARDINA RACHMA
dc.date.accessioned2018-10-03T03:12:40Z
dc.date.available2018-10-03T03:12:40Z
dc.date.issued2018-08-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21680
dc.descriptionNgayogjazz merupakan event musik tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2007. Ngayogjazz berusaha merubah pola pikir masyarakat bahwa jazz tidak harus mahal dan sulit akan tetapi justru harus mudah didengar dan terjangkau. Ngayogjazz membawa musik yang terkenal elite ini didekatkan dengan warga desa akan tetapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskrptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumen. Terdapat tiga aspek yang menjadi acuan peneliti, yaitu strategi promosi (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi). Jenis data penelitian ini yaitu terdiri atas sumber data primer dan sekunder.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini dalam strategi promosi melalui media sosial instagram terfokus pada mengingatkan kembali dan memberikan informasi. Dalam penyampaian pesannya menggunakan bahasa non formal yaitu perpaduan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa yang merupakan bahasa lokal agar terkesan bersahabat dengan target sasaran juga pada desain tema nya, yaitu menggunakan aksen jawa agar seperti wayang dan roda pedati sapi agar terkesan merakyat mengingat musik jazz dikenal dengan musik elit. Namun, terdapat kelemahan dalam evaluasi terkait pengukuran hasil promosi. Disini Ngayogjazz tidak mempunyai waktu khusus untuk membahas seberapa efektif pelaksanaan promosi pada media sosial Instagram.en_US
dc.description.abstractNgayogjazz is an annual music event held since 2007. Ngayogjazz tries to change the mindset of people that jazz does not have to be expensive and difficult but it must be easy to hear and affordable. Ngayogjazz brings music that is famous with the elite status that is brought closer to the villagers but can also be enjoyed by the wider community.In this research, the researcher used descriptive qualitative as the research method by collecting data through in-depth interviews and documentation. There are three aspects that are being the reference for the researcher, that are the promotion strategy (planning, implementation, and evaluation). This type of research data consists of primary and secondary data sources.Result obtained from the study suggested that promotion strategy through social media instagram has prior focus as reminder and information provider. It is also present non formal languange that mixed between bahasa Indonesia and Javanese language in order to make it sounds more familier to the potential audience. Hence it also involved local wayang “shadow puppet” character and cows rickshaw to create closer proximity to people as well as change their perception on jazz which so far perceieved as elite music. However, there are weaknesses in the evaluation related to the measurement of promotion results. Ngayogjazz does not have a specific standard to measure the efficacy of promotion media.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectNgayogjazz, promotional strategies, jazz musicen_US
dc.titleSTRATEGI PROMOSI EVENT NGAYOGJAZZ TAHUN 2017 DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAMen_US
dc.typeThesis SKR FISIP 614en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record