dc.contributor.advisor | ISHAK, ASWAD | |
dc.contributor.author | NISA, ARDINA RACHMA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-03T03:12:40Z | |
dc.date.available | 2018-10-03T03:12:40Z | |
dc.date.issued | 2018-08-30 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21680 | |
dc.description | Ngayogjazz merupakan event musik tahunan yang diselenggarakan sejak tahun
2007. Ngayogjazz berusaha merubah pola pikir masyarakat bahwa jazz tidak
harus mahal dan sulit akan tetapi justru harus mudah didengar dan terjangkau.
Ngayogjazz membawa musik yang terkenal elite ini didekatkan dengan warga
desa akan tetapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas.Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskrptif kualitatif dengan
pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumen. Terdapat tiga
aspek yang menjadi acuan peneliti, yaitu strategi promosi (perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi). Jenis data penelitian ini yaitu terdiri atas sumber data
primer dan sekunder.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini dalam strategi
promosi melalui media sosial instagram terfokus pada mengingatkan kembali dan
memberikan informasi. Dalam penyampaian pesannya menggunakan bahasa non
formal yaitu perpaduan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa yang
merupakan bahasa lokal agar terkesan bersahabat dengan target sasaran juga pada
desain tema nya, yaitu menggunakan aksen jawa agar seperti wayang dan roda
pedati sapi agar terkesan merakyat mengingat musik jazz dikenal dengan musik
elit. Namun, terdapat kelemahan dalam evaluasi terkait pengukuran hasil promosi.
Disini Ngayogjazz tidak mempunyai waktu khusus untuk membahas seberapa
efektif pelaksanaan promosi pada media sosial Instagram. | en_US |
dc.description.abstract | Ngayogjazz is an annual music event held since 2007. Ngayogjazz tries to change
the mindset of people that jazz does not have to be expensive and difficult but it
must be easy to hear and affordable. Ngayogjazz brings music that is famous with
the elite status that is brought closer to the villagers but can also be enjoyed by the
wider community.In this research, the researcher used descriptive qualitative as
the research method by collecting data through in-depth interviews and
documentation. There are three aspects that are being the reference for the
researcher, that are the promotion strategy (planning, implementation, and
evaluation). This type of research data consists of primary and secondary data
sources.Result obtained from the study suggested that promotion strategy through
social media instagram has prior focus as reminder and information provider. It is
also present non formal languange that mixed between bahasa Indonesia and
Javanese language in order to make it sounds more familier to the potential
audience. Hence it also involved local wayang “shadow puppet” character and
cows rickshaw to create closer proximity to people as well as change their
perception on jazz which so far perceieved as elite music. However, there are
weaknesses in the evaluation related to the measurement of promotion results.
Ngayogjazz does not have a specific standard to measure the efficacy of
promotion media. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Ngayogjazz, promotional strategies, jazz music | en_US |
dc.title | STRATEGI PROMOSI EVENT NGAYOGJAZZ TAHUN 2017 DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
614 | en_US |