Show simple item record

dc.contributor.authorSADILAH, FERDY
dc.date.accessioned2018-10-05T07:32:14Z
dc.date.available2018-10-05T07:32:14Z
dc.date.issued2018-05-14
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21771
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peran guru PAI (2) Untuk mengetahui kepribadian akhlak siswa di MTs Muhammadiyah Kasihan, (3) Untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam mendidik kepribadian akhlak siswa di MTs Muhammadiyah Kasihan, (4) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat peran guru pendidikan agama islam di MTs Muhammadiyah Kasihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif. Narasumber dari penelitian yaitu 3 Guru PAI, 1 Kepala Sekolah, 1 Guru BK. Teknik dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik dalam analisis datanya penulis menggunakan analisis model Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah (1) peran guru agama Islam sudah termasuk baik dalam penerapannya kepada siswa. (2) akhlak pribadi siswa di MTs Muhammadiyah Kasihan masih tergolong rendah. Adapun akhlak pribadi yang masih kurang maksimal seperti kejujuran, amanah, istiqomah, iffah, dan syaja’ah. (3) Peran guru agama Islam dalam mendidik akhlak pribadi pada siswa di MTs Muhammadiyah Kasihan meliputi: guru sebagai Pembimbing, penasehat, tauladan, motivator dan pembawa cerita. (4) Faktor penghambat guru agama Islam dalam mendidik akhlak pribadi pada siswa adalah lingkungan keluarga dan sosial, adat dan kebudayaan, lingkungan pergaulan. Sedangkan untuk faktor pendukung peran guru: Mengadakan penyuluhan, mengadakan BTQ dan Organisasi Guru.en_US
dc.description.abstractThis study aims to (1) to know the role of PAI teachers (2) to review the personal morality of students in MTs Muhammadiyah Kasihan, (3) to analyze the role of Islamic education teachers in educating students’ personal morality in MTs Muhammadiyah Kasihan, (4) to know the supporting and inhibitting factors of the role of Islamic education teachers in educating the personal morality of students in MTs Muhammadiyah Kasihan. The type of this research is descriptive qualitative research. Resource persons from the research are 3 Islamic education teachers, 1 headmaster, 1 counselling teacher. The technique in data collection are interview method, observation, and document. The technique in data analysis that used by the author is Miles and Huberman model analysis. The results of this study are (1) the role of Islamic education teachers tends to be directed in mentoring and coaching which has good result in its application. (2) personal morality of students in MTs Muhammadiyah Kasihan is still relatively low. The personal morality is still less than the maximum as honesty, trust, consistency (istiqomah), iffah, and syaja'ah. (3) The role of Islamic education teachers in educating personal morality on students in MTs Muhammadiyah Kasihan includes: teachers as mentor, advisor, role model, motivator and story bearer. (4) Inhibiting factor of Islamic education teachers in educating personal morality on students are family and social environment, custom and culture. As for the supporting factor of teacher’s role: Conducting counseling, doing BTQ and Teacher Organization.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectIslamic Education Teacher, Personal Morality. Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlak Pribadi.en_US
dc.titlePERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENDIDIK AKHLAK PRIBADI PADA SISWA Di MTs MUHAMMADIYAH KASIHANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record