dc.contributor.author | PRATIWI, SISKA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-06T06:09:08Z | |
dc.date.available | 2018-10-06T06:09:08Z | |
dc.date.issued | 2017-11-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21813 | |
dc.description | Latar Belakang : Perineal hygienememberikan kenyamanan pada seseorang. Perilaku seseorang untuk menjaga perineal hygiene disebabkan dari pengetahuan tentang perineal hygiene disertai dengan informasi yang dia dapatkan. Seiring dengan perkembangan zaman, media elektronik sangat memungkinkan sebagai media dalam mengubah perilakuperineal hygieneseseorang,salah satunya adalah dengan menggunakan video.
Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi perineal hygiene melalui media audiovisual terhadap perilaku perineal hygiene pada siswi SMPN 2 Kasihan.
Metode : Pra-Eksperiment dengan desain penelitian pre test dan post test dengancontrol group design. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 42 responden terdiri dari 21 responden kelompok intervensi dan 21 responden kelompok kontrol dengan teknik nonprobabilty sampling yaitu random sampling. Untuk mengetahui responden pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi data yang digunakan adalah statistik non parametric yaitu uji wilcoxon dan Mann-Whithney.
Hasil : Uji Statistik Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian edukasi melalui media audiovisual terhadap perilaku perineal hygiene dengan nilai signifikan pada kelompok intervensi dengan nilai p value (0,034) sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat pengaruh perilaku perineal hygiene dengan nilai p value (0,317). Pada hasil uji statistic Mann-Withney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pemberian edukasi perineal hygiene melalui media audiovisual terhadap perilaku perineal hygiene siswi SMPN 2 Kasihan pada post kelompok intervensi dan post kelompok kontrol dengan nilai pvalue (0,007). | en_US |
dc.description.abstract | Background:A person's behavior to maintain perineal hygiene is due to his knowledge of perineal hygiene along with the information he gets. Along with the development of the times, electronic media is very possible as a medium in changing the behavior of one's perineal hygiene, one of them is by using video.
Goal: To know the effect of perineal hygiene education through audio visual media towards perineal hygiene behavior on the students of SMPN 2 Kasihan.
Research Method: Pre-experiment with pre test dan post test with control group design as the research design. This study used two groups namely intervention group and control group. The sample used in the study were 42 respondents, consisted of 21 respondents of intervention group and 21 respondents of control group. The sampling thechnique used was non probability sampling namely random samplingTo know the respondents in the control group and the data intrvention group used were non parametric statistic ie wilcoxon and Mann-Whithney test.
Results:Wilcoxon statistic test showed that there was can an effect of perineal hygiene education through audiovisual media to the perineal hygiene behavior student in SMPN 2 Kasihan on intervention group with p value (0,034). There was not the effect of education through perineal hygiene behavior on control group with p value (0,317). Whereas in Mann-Whitney test, showed that there was significant different of perineal hygiene education throught audiovisual media to the perineal hygiene behavior student in SMPN 2 Kasihan on control and intervention group after the intervention with p value (0,007).
Conclusion: There was the effect of perineal hygiene education through audiovisual media to the perineal hygiene behavior student in SMPN 2 Kasihan. | en_US |
dc.publisher | FKIK UMY | en_US |
dc.subject | Perineal hygiene, education, audiovisual media. Perineal hygiene, edukasi, media audiovisual | en_US |
dc.title | PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI PERINEAL HYGIENE MELALUI MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PERILAKU PERINEAL HYGIENE PADA SISWI SMPN 2 KASIHAN | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |