Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorDEWI, TRI PUSPITA
dc.date.accessioned2018-10-06T07:15:37Z
dc.date.available2018-10-06T07:15:37Z
dc.date.issued2018-05-16
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21832
dc.descriptionPenelitian yang berjudul “Hubungan Keaktifan Mengikuti TPA dengan Prestasi Belajar PAI Siswa SD Muhammadiyah Wonisari Gunungkidul” ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan siswa dalam kegiatan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an), untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SD Muhammadiyah Wonosari dan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan TPA dengan prestasi belajar PAI siswa SD Muhammadiyah Wonosari, Kecamatan wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang menekankan analisis pada data-data numerikal (angka-angka) yang diolah dengan metode statistika. Data dianalisis secara korelasi sehingga jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat korelasi. (1) Pada umumnya keaktifan mengikuti TPA yang diperoleh siswa SD Muhammadiyah Wonosari berada pada tingkatan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisis pada tabel, bahwa kategori sangat baik sebesar 20%, kategori baik sebesar 60%, kategori cukup baik sebesar 20%, dan 0% untuk kategori kurang baik. (2) Tingkatan dari prestasi belajar PAI siswa sebesar 86,45 sehingga termasuk dalam kategori amat baik, yaitu pada interval 86 – keatas. (3) Terdapat hubungan antara keaktifan mengikuti TPA dengan prestasi belajar PAI siswa SD Muhammadiyah Wonosari. Karena rxy ˃ rtabel yaitu 0,501 > 0,444 (pada taraf 5% signifikan)en_US
dc.description.abstractThe research entitled “The Relationship of Livelinessparticipating in TPAto Learning Achievement of Islamic Education of Student In SD MuhammadiyahWonosariGunungkidul” is aimed to know the student liveliness in TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an), to know the achievement of learning of PAI subject of students in SD MuhammadiyahWonosari and to know the relationship between the livelinesparticipating in TPA with the PAI learning achievement of students of SD MuhammadiyahWonosari , Wonosari District, Gunungkidul Regency. This research uses a quantitative approach that emphasizes the analysis of numerical data (number) processed by statistical methods. The data are analyzed using correlation so that the type of research used is correlation. (1) Generally, the activity of participating in TPA obtained by students of SD MuhammadiyahWonosari is in good level. It can be seen on the analysis result in table, that the category is very good by 20%, good category is 60%, good enough category is 20%, and 0% for bad category. (2) The level of PAI learning achievement of student is 86,45 so that included in very good category, that is at interval 86 - upwards. (3) There is a relationship between the liveliness of participating in TPA with PAI learning achievement of students in SDMuhammadiyahWonosari. Because rxy ˃ rtabel is 0.501> 0.444 (at a significant 5% level).en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectlivelines of participating in TPA, PAI learning achievementen_US
dc.titleHUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI TPA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD MUHAMMADIYAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 164en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record