dc.contributor.advisor | PARIPURNA KAMIEL, BERLI | |
dc.contributor.author | FIRDAUS, WANNANDA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-08T06:08:32Z | |
dc.date.available | 2018-10-08T06:08:32Z | |
dc.date.issued | 2018-09-06 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21867 | |
dc.description | Aspek kenyamanan dan keamanan pada kendaraan sangat penting
dipertimbangkan. Gangguan kenyamanan yang dirasakan oleh penumpang
utamanya berasal dari ketidakstabilan kendaraan yang diakibatkan oleh permukaan
jalan yang tidak rata (perubahan jalan), perubahan kecepatan, getaran dari mesin
kendaraan. Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat maka hadir sebuah fitur
keselamatan bernama VSC, tetapi pada fitur kenyamanan hanya terdapat pada
sistem suspensi, tanpa adanya sebuah terobosan pada suatu kestabilan bodi
kendaraan. Berkembangnya teknologi instrumen dan komputasi pada saat ini
berdampak pada perkembangan pemrograman teknologi mikrokontroller.
Kelebihan mikrokontroller Arduino Mega 2560 R3 yaitu bersifat open source dan
dengan fasilitas terlengkap dibandingkan arduino lainnya. Penggabungan
(kombinasi) antara sistem kestabilan bodi pada kendaraan dengan sistem instrument
dan komputasi bisa menghasilkan sistem kestabilan bodi yang lebih kompleks.
Perancangan ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan pemrograman
mikrokontroller pada body stabiliser model kendaraan roda empat.
Desain yang dirancang mempertimbangkan fungsi, harga dan kontruksi.
Pembuatan prototipe terbagi menjadi, membentuk akrilik, perakitan bodi atas dan
bawah. Saat mempersiapkan prototipe dilakukan pengukuran kemiringan dan
kerataan papan platform bagian atas dengan waterpass agar tiap titik atau sisi
seragam. Perancangan pemrograman mikrokontroller menggunakan software
aplikasi Arduino IDE dengan bahasa pemrograman C. Penginstalan library dari
motor servo dan sensor MPU6050 sangat diutamakan, kemudian pengambilan data
sensor meliputi kemiringan sumbu x dan y. Asumsi awal nilai dari sumbu x dan y
adalah 20° kemiringan dan -20° kemiringan.
Hasil dari perancangan didapatkan pada posisi kemiringan pitching sudut
maksimal yang diperoleh 13° dicapai dalam kecepatan 2 detik pada ketinggian
45mm dan sudut maksimal 10° dalam kecepatan 1 detik pada ketinggian 30mm.
Posisi kemiringan diagonal roda kanan depan terangkat posisi sudut maksimal yang
diperoleh 8° dicapai dalam kecepatan 2 detik pada ketinggian 45mm dan sudut
maksimal 4° dalam kecepatan 1 detik pada ketinggian 30mm. Sedangkan posisi
kemiringan rolling posisi sudut maksimal yang diperoleh 7° dicapai dalam
kecepatan 2 detik pada ketinggian 45mm dan sudut maksimal 4° dalam kecepatan
1 detik pada ketinggian 30mm. Hasil tersebut menunjukkan kode pemrograman
yang digunakan berjalan dengan baik, sehingga perancangan mekanisme,
pemrograman dan pengimplementasian pemrograman pada prototipe model
kendaraan roda empat menghasilkan gerakan atau respon sesuai yang diharapkan. | en_US |
dc.description.abstract | Aspects of vehicle comfort and safety are very important consideration.
Disorders of the comfort felt by passengers primarily comes from vehicle instability
caused by uneven road surface (road), a change of pace, the vibration from the
engine of the vehicle. Along with the increased public awareness thus present
discussing safety features named VSC, but on comfort features only found in
suspension, without discussing the breakthrough at a vehicle body stability.
Development of technological instruments and computing at this time have an
impact on the development of mikrokontroller technology programming. Arduino
Mega 2560 mikrokontroller excess R3 applies are open source and with complete
facilities than other arduino. Merger (combination) between the vehicle body
stability system with a system of instruments and computing can make the system
more complex body stability. The design aims to design and implement
programming mikrokontroller on body stabilizers models of four-wheeled vehicles.
Design designed considering functions, prices and construction. Prototyping
is divided into, forming grooves, acrylic, upper and lower body Assembly. While
preparing the prototype carried out measurements and tilt the top of the platform
plank flatness with waterpass so that each point or the side of the uniform. The
design of mikrokontroller programming using the Arduino IDE application
software with programming language c. Installation Library of servo motor and
sensor MPU6050 very prominent, then the sensor data retrieval occur include the
tilt axis x and y values from initial Assumptions. the axis x and y is 20 ° and 20 °
tilt of the slope.
The result of the design obtained on the position of the tilt angle maximum
pitching earned 13 ° is the speed of 2 seconds at an altitude of 45 mm and a
maximum angle of 10 ° in the speed of 1 second at a height of 30 mm. Position the
tilt wheel right diagonal front raised the maximum angle of the position obtained is
8 ° speed of 2 seconds at an altitude of 45 mm and a maximum angle of 4 ° in the
speed of 1 second at a height of 30 mm. tilt position While scrolling position angle
of maximum derived 7 ° is achieved in the speed of 2 seconds at an altitude of 45
mm and a maximum angle of 4 ° in the speed of 1 second at a height of 30 mm.
These Results show the programming code that is used in go well, so the design of
the mechanism, programming and implementation of programming on the
prototype four-wheeled vehicle models produce motion or response as expected. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | stability of body, mikrokontroller, Arduino Mega 2560 MPU6050 | en_US |
dc.title | PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN MIKROKONTROLLER ARDUINO MEGA 2560 R3 UNTUK PENGENDALIAN GERAKAN BODY STABILISER CONTROL PADA MODEL KENDARAAN RODA EMPAT | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
282 | en_US |