dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.author | PERMADI SANANTRIA, RIZAL | |
dc.date.accessioned | 2018-10-09T02:12:42Z | |
dc.date.available | 2018-10-09T02:12:42Z | |
dc.date.issued | 2018-06-04 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/21904 | |
dc.description | Perkembangan dunia industri penggunaan karet saat ini semakin tinggi
menjadikan limbah ban sepeda motor bekas menjadi yang sangat lazim dan
merupakan limbah padat berbahaya bagi lingkungan. Pembuangan ban bekas
ditempat pembuangan akan menjadi masalah besar karena ban bekas yang dibuang
akan memenuhi ruang pembuangan tersebut dapat menjadi sarang nyamuk dan
menjadi timbulnya sumber penyakit. Ban mempunyai struktur kompleks yang
membuat sangat sulit didaur ulang karena ban bekas sangat sulit untuk diurai oleh
bakteri atau struktur mikrobiologi. Sebagai upaya untuk turut menanggulangi
masalah limbah ban bekas maka dilakukan penelitian mengkonversi limbah ban
bekas secara pirolisis untuk mendapatkan minyak yang dapat dimanfaatkan untuk
bahan bakar.
Dalam penelitian ini bahan utama yang digunakan berupa limbah ban luar
sepeda motor sebanyak 3 kg. Pada setiap percobaan ban luar sepeda motor
dipotong-potong dengan ukuran kurang lebih 16 x 5 cm. pengujian limbah ban luar
sepeda motor dengan temperatur pemanas sebesar 300-350°C yang dihasilkan dari
kompor dengan bahan bakar gas LPG 3 kg waktu yang digunakan pada setiap
percobaan adalah 100 menit. Debit air pendingin sebesar 18 LPM, Variasi sudut
yang digunakan pada penelitian ini yaitu 0⁰, 15⁰, dan 30⁰.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai laju perpindahan kalor tertinggi
diperoleh pada sudut 30⁰ sebesar 451,44 Watt, setelah itu sudut 15⁰ sebesar 413,82
Watt dan sudut 0⁰ sebesar 401,28 Watt. Pada sudut 30° sebanyak 386 ml minyak
dengan berat abu sisa pembakaran 399 g, sudut 15° menghasilkan minyak sebanyak
376 ml dengan berat abu 383 g, dan sudut 0° menghasilkan minyak sebanyak
359ml dengan berat abu sebanyak 367 g. Karakteristik minyak ban hasil pirolisis
didapat dengan nilai densitas sebesar 0,913 gr/ml, nilai viskositas sebesar 5,07-5,57
mPa.s, nilai kalor sebesar 9654,98 Cal/g, dan flash point sebesar 56-61 °C. | en_US |
dc.description.abstract | The development of industrial world of rubber usage nowadays increasingly
make waste motorcycle tire waste become very common and is a solid waste
dangerous for environment. The disposal of used tires at the disposal site will be a
major problem as disposable tires will fill the exhaust space and become a hotbed
of mosquitoes and become a source of disease. Tires have complex structures that
make it very difficult to recycle because old tires are very difficult to break down
by bacteria or microbiological structures. In an effort to help overcome the problem
of waste tires used the research to convert waste tires used pyrolysis to get oil that
can be used for fuel.
In this study the main material used in the form of waste motorcycle tires
outside 3 kg. In each experiment the outer tires of motorcycles are cut into pieces
of approximately 16 x 5 cm. testing of motorcycle tire outbreaks with a heating
temperature of 300-350 ° C generated from a gas stove with 3 kg LPG gas the time
spent on each experiment is 100 minutes. Cooling water discharge of 18 LPM,
angle variation used in this research is 0⁰, 15⁰, and 30⁰.
The results showed that the highest heat transfer rate was obtained at a 30⁰
angle of 451.44 Watt, after which the angle of 15⁰ was 413.82 Watt and the angle
of 0⁰ was 401.28 Watt. At an angle of 30 ° 386 ml of oil with a residual ash weight
of 399 g, an angle of 15 ° yields 376 ml of oil with a grain weight of 383 g, and an
angle of 0 ° producing 359ml oil with ash weight of 367 g. Characteristics of
pyrolysis tire oil obtained with density value of 0.913 gr / ml, viscosity value of
5.07-5.57 mPa.s, calorific value of 9654.98 Cal / g, and flash point of 56-61 ° C. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Pyrolysis, Tire Waste, Condenser Tilt Angle, Heat Transfer Rate, Oil Characteristic | en_US |
dc.title | PENGARUH VARIASI SUDUT KONDENSOR (0⁰, 15⁰, DAN 30⁰) TERHADAP HASIL PIROLISIS LIMBAH BAN LUAR SEPEDA MOTOR DENGAN DEBIT AIR PENDINGIN 18 LPM | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
271 | en_US |