Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, FITRINA NOOR FATHAYATI
dc.date.accessioned2018-10-10T07:03:33Z
dc.date.available2018-10-10T07:03:33Z
dc.date.issued2018-10-10
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22052
dc.descriptionLatar Belakang: Manajer berperan penting di rumah sakit karena berkaitan langsung dengan kebijakan, sistem, prosedur, dan iklim organisasi. Keberhasilan manajer mengelola rumah sakit dipengaruhi kompetensi dan komitmennya karena rumah sakit merupakan organisasi yang kompleks dan sulit dikelola. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kompetensi manajer dan kebutuhan kompetensi ideal di rumah sakit, perbedaan tingkat kompetensi manajer dan kebutuhan rumah sakit serta solusi untuk mengatasi kesenjangan kompetensi di RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan. Metode: Responden penelitian adalah seluruh manajer di RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Pengujian perbedaan kompetensi dilakukan dengan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dan Pembahasan: Sebagian besar kompetensi manajer berada pada tingkat kurang kompeten. Seluruh area kompetensi berada pada tingkat kebutuhan penting. Perbedaan signifikan terdapat pada seluruh area kompetensi kecuali kompetensi komunikasi dan informasi serta kompetensi integritas dan kejujuran. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki manajer masih belum memenuhi kebutuhan rumah sakit. Kesimpulan dan Saran: Sebagian besar kompetensi belum memenuhi kebutuhan kompetensi di rumah sakit. Diperlukan pelatihan manajemen yang tepat sasaran dan mencakup seluruh manajer rumah sakit.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Manajer berperan penting di rumah sakit karena berkaitan langsung dengan kebijakan, sistem, prosedur, dan iklim organisasi. Keberhasilan manajer mengelola rumah sakit dipengaruhi kompetensi dan komitmennya karena rumah sakit merupakan organisasi yang kompleks dan sulit dikelola. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kompetensi manajer dan kebutuhan kompetensi ideal di rumah sakit, perbedaan tingkat kompetensi manajer dan kebutuhan rumah sakit serta solusi untuk mengatasi kesenjangan kompetensi di RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan. Metode: Responden penelitian adalah seluruh manajer di RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Pengujian perbedaan kompetensi dilakukan dengan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dan Pembahasan: Sebagian besar kompetensi manajer berada pada tingkat kurang kompeten. Seluruh area kompetensi berada pada tingkat kebutuhan penting. Perbedaan signifikan terdapat pada seluruh area kompetensi kecuali kompetensi komunikasi dan informasi serta kompetensi integritas dan kejujuran. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki manajer masih belum memenuhi kebutuhan rumah sakit. Kesimpulan dan Saran: Sebagian besar kompetensi belum memenuhi kebutuhan kompetensi di rumah sakit. Diperlukan pelatihan manajemen yang tepat sasaran dan mencakup seluruh manajer rumah sakit.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMMR UMYen_US
dc.subjectMANAJER RUMAH SAKITen_US
dc.subjectMANAJEMEN RUMAH SAKITen_US
dc.titleANALISIS KOMPETENSI MANAJER RUMAH SAKIT UMUM PKU MUHAMMADIYAH NANGGULANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record