Show simple item record

dc.contributor.advisorSYAMSUDDIN
dc.contributor.authorALIBAS, MUTHIAH
dc.date.accessioned2018-10-15T06:06:34Z
dc.date.available2018-10-15T06:06:34Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22087
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman konsep siswa pada pelajaran Al Islam antara metode guided discovery learning dengan metode konvensional (ceramah). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experimental. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang Gamping Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan juga uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Al Islam dengan menggunakan metode guided discovery learning (kelas eksperimen) mempunyai nilai rata-rata sebesar 40,68; (2) Tingkat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Al Islam dengan menggunakan metode konvensional (kelas kontrol) mempunyai nilai rata-rata sebesar 20,32; (3) Berdasarkan hasil analisis dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti rata-rata tingkat pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada tingkat pemahaman konsep siswa kelas kontrol.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman konsep siswa pada pelajaran Al Islam antara metode guided discovery learning dengan metode konvensional (ceramah). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi-experimental. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Ambarketawang Gamping Sleman. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan juga uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Al Islam dengan menggunakan metode guided discovery learning (kelas eksperimen) mempunyai nilai rata-rata sebesar 40,68; (2) Tingkat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Al Islam dengan menggunakan metode konvensional (kelas kontrol) mempunyai nilai rata-rata sebesar 20,32; (3) Berdasarkan hasil analisis dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti rata-rata tingkat pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada tingkat pemahaman konsep siswa kelas kontrol.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPemahaman Konsep, Guided Discovery Learningen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN AL ISLAMen_US
dc.typeThesis SKR FAI 026en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record