dc.contributor.advisor | KHOIRIYATI, AZIZAH | |
dc.contributor.author | AISA, DINI ALDILA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-16T02:39:31Z | |
dc.date.available | 2018-10-16T02:39:31Z | |
dc.date.issued | 2018-05-17 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22131 | |
dc.description | Latar Belakang: Cedera pada anak dapat terjadi terjadi dimana saja, salah satunya di lingkungan sekolah. Guru sebagai pihak yang bertanggung jawab secara penuh pada siswa diharapkan mempunyai pengetahuan yang baik tentang first aid dan penggunaan first aid kit dalam penanganan pada siswa di sekolah dasar untuk mencegah keadaan cedera menjadi bertambah parah.
Tujuan Penelitian: mengetahui gambaran tingkat pengetahuan guru tentang first aid dan penggunaan first aid kit dalam penanganan pada siswa di sekolah dasar.
Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 guru di SDIT Luqman Al Hakim yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Tingkat Pengetahuan diukur dengan menggunakan kuesioner pengetahuan tentang first aid dan penggunaan first aid kit yang berbentuk pilihan ganda.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden perempuan (62,3%), berusia 21-40 tahun (76,8%), latar belakang pendidikan S1 (97,1%) dan mayoritas tidak memiliki pengalaman menangani cedera (66,7%). Jenis cedera yang paling sering terjadi di sekolah adalah luka tergores (40,5%). Hasil tingkat pengetahuan responden tentang first aid adalah 58 responden memiliki pengetahuan baik (84,1%), 9 responden memiliki pengetahuan cukup (13%), dan sebanyak 2 responden memiliki pengetahuan yang kurang (2,9%). Tingkat pengetahuan responden tentang penggunaan first aid kit adalah sebanyak 24 responden memiliki tingkat pengetahuan baik (34,8%), 23 responden memiliki tingkat pengetahuan cukup (33,3%), dan sebanyak 22 responden memiliki pengeahuan yang kurang (31,9%).
Kesimpulan: Tingkat pengetahuan guru tentang first aid dan penggunaan first aid kit dalam penanganan cedera pada siswa di sekolah dasar termasuk dalam kategori baik. | en_US |
dc.description.abstract | Background: Child injuries can happen in anywhere, one of them was happened in school environment. Teachers as fully responsible parties in school are expected to have a good knowledge of first aid and the use of a first aid kit in handling injury in students in elementary schools to prevent injury getting worse.
Objective: To know the teacher's knowledge level of first aid and the use of first aid kit in the handling of the students in primary school.
Research Method: This research design is quantitative descriptive research. The sample in this research is 69 teachers at SDIT Luqman Al Hakim taken by using total sampling technique. The knowledge level is measured using a first aid knowledge questionnaire and the use of a first aid kit in the form of multiple choice.
Results: The results showed that most of the respondents were women (62.3%), aged 21-40 years (76.8%), education background S1 (97.1%) and the majority did not have experience dealing with injuries (66 , 7%). The most common type of injuries in school are scratched wounds (40.5%). The result of respondent knowledge about first aid is 58 respondents have good knowledge (84,1%), 9 respondents have moderate knowledge (13%), and 2 respondents have less knowledge (2,9%). The respondent's knowledge about the use of first aid kit is 24 respondents have good knowledge level (34,8%), 23 respondent have enough knowledge level (33,3%), and 22 respondents have less knowledge (31,9%) .
Conclusions: The teacher's knowledge level of first aid and the use of first aid kits in the handling of injuries to students in elementary schools are in good category. . | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | level of knowledge, teacher, first aid, first aid kit, injury to elementary school children | en_US |
dc.title | GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU TENTANG FIRST AID DAN PENGGUNAAN FIRST AID KIT DALAM PENANGANAN CEDERA PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
207 | en_US |