Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIAH, AKIF
dc.contributor.authorUTAMI, RISKI RAHAYU
dc.date.accessioned2018-10-18T07:26:12Z
dc.date.available2018-10-18T07:26:12Z
dc.date.issued2018-08-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22304
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui secara mendalam konsep ta’dib menurut al-attas, 2) mengetahui konsep pendidikan karakter dalam kurikulum 2013, 3) Penelitian ini juga mempunyai tujuan untuk mengetaui relevansi antara konsep ta’dib menurut Al-Attas dengan konsep pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang tidak menggunakan data statistik atau perhitungan angka. Metode penelitian yang digunakan menggunakan library research (penelitian pustaka), dengan memperoleh data dari sumber buku-buku. Untuk mendapatkan kredibilitas data diterapkan strategi triangulasi data. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dalam penyajian data, data diperoleh dari proses pengumpulan data yang menggunakan metode komperatif desktiptif dengan pola pikir induktif dan deduktif. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa ada hubungan atau relevansi antara konsep ta’dib dan pendidikan karakter yaitu 1) penanaman adab pada konsep ta’dib memiliki kesamaan dengan tujuan pendidikan karakter yaitu pembentukan peserta didik yang berkarakter dan berakhlak mulia, 2) aspek jiwa dan pikiran adalah ranah utama pengendalian adab memiliki kesamaan dengan aspek kompetensi spiritual, sosial, ilmu pengetahuan, dan keterampilan, 3) lingkungan dan pengajaran dan pembelajran memiliki kaitannya dengan kecerdasan intelektual dan kebudayaan dalam suatu lingkungan dalam upaya untuk mewujudkan tujuan konsep ,4) nilai-nilai yang dikembangkan meliputi ketuhanan atau religiusitas, kejujuran, peduli sosial, peduli lingkungan dan bertanggungjawab.en_US
dc.description.abstractAL-ATTAS’ CONCEPT OF TA'DIB AND ITS RELEVANCE TO THE CONCEPT OF CHARACTER EDUCATION IN THE 2013 CURRICULUM This study aims to: 1) explore the concept of ta'dib according to al-Attas, 2) to investigate the concept of character education in the 2013 curriculum, 3) to determine the relevance of al-Attas’s concept of ta'dib to the concept character education in the 2013 curriculum. This study is a research with qualitative approach that does not use statistical data or numerical calculations. This study is a library research which means it obtains data from written sources, mainly from books. To test the data credibility, this study applies triangulation strategy. The gathered data are analyzed using the method of data reduction, data display and finally deriving conclusion based on the data. In presenting the data, this study employs comperatiFe analytical methods with both inductive and deductive line of reasoning. The results of this study indicate that there is a relationship or relevance between the concept of ta'dib and the character education in 2013 curriculum, namely 1) the process of internalizing adab according to the concept of ta'dib has similarities with the objectives of character education, namely to transform the students into the people of character and nobility, 2) the aspects of soul and mind as the main domain of adab has similarities with the aspects of spiritual, social, scientific and skills competencies in the character education of 2013 curriculum, 3) learning and teaching environment has noticeable impacts on the intellectual and cultural intelligence which are essential to obtaining the goals of both the concept of adab and the character education of 2013 curriculum, 4) both concepts develop values such as divinity or religiosity, honesty, social care, environmental care and responsibility.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectrelevance, ta'dib, character education, 2013 curriculumen_US
dc.titleRELEVANSI KONSEP TA’DIB MENURUT AL-ATTAS TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013en_US
dc.typeThesis SKR FAI 325en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record