Show simple item record

dc.contributor.advisorALAM, NAUFAL AHMAD RIJALUL
dc.contributor.authorROZAK H.S, MUHAMMAD ABDUL
dc.date.accessioned2018-10-19T01:42:26Z
dc.date.available2018-10-19T01:42:26Z
dc.date.issued2018-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22313
dc.description.abstractPenelitian ini memiliki latar belakang bahwa masih adanya sebagian guru dalam sebuah lembaga pendidikan masa ini tidak memiliki kompetensi yang mumpuni untuk menjadi pengajar dan dijadikan sebagai teladan. Oleh karena itu, peneltian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep kepribadian guru yang terkandung dalam buku Bina’ al-Ajyaal karya Abdul Karim Bakkar dan (2) mencari relevansi dari konsep kepribadian guru menurut Abdul Karim Bakkar dalam buku Bina’ al-Ajyaal dengan Kompetensi Guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam penelitian ini, yang menjadi objek kajian adalah konsep kepribadian guru menurut Abdul Karim Bakkar dalam kitab Bina’ al-Ajyaa dengan kompetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan, transkrip, buku, dan dokumen lainnya. Analisis data dilakukan dengan menelaah suatu data dari umum ke khusus dan sebaliknya. Setelah itu dilakukan komparasi atau perbandingan untuk melihat hal-hal yang memiliki persamaan dan perbedaan dari data tersbut. Kemudian dimunculkan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep kepribadian guru perspektif Abdul Karim Bakkar dalam kitab Bina’ al-Ajyaal terdapat empat kompetensi pokok, yaitu tsaqafat al-mu’allim, mu’allim al-qudwah, mu’allim murabbi, dan mu’allim mujaddid al-ma’rifah. Keempat kompetensi pokok ini ternyata tidak hanya membahas kompetensi pada ranah kepribadian saja, namun mencakup semua ranah kompetensi. Baik kompetensi pedagogik, sosial, dan professional. Setelah dianalisis ternyata ada sekitar 18 kompetensi guru yang mencakup semua ranah kompetensi. Kemudian kesimpulan kedua adalah (2) Konsep kepribadian guru menurut Abdul Karim Bakkar dalam kitab Bina’ al-Ajyaal masih tetap relevan dengan kompetensi guru dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Relevansinya tidak hanya dengan kompetensi kepribadian saja, namun sampai pada keempat kompetensi guru sekaligus. Kompetensi guru yang dapat direlevansikan dengan kepribadian guru menurut Abdul Karim Bakkar ada sekitar 11 dari 16 kompetensi. Jadi perbandingannya menjadi 18:11.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectKepribadian, Guru, Undang-Undang, Kompetensi.en_US
dc.titleKONSEP KEPRIBADIAN GURU MENURUT ABDUL KARIM BAKKAR DALAM KITAB BINA’ AL-AJYAAL DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI GURU DALAM UU. NO. 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSENen_US
dc.typeThesis SKR FAI 247en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record