Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorKUNANTI, KUNANTI
dc.date.accessioned2018-10-19T03:12:32Z
dc.date.available2018-10-19T03:12:32Z
dc.date.issued2018-08-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22340
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui metode pembelajaran agama Islam pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Bantul, 2) untuk mengetahui metode pembelajaran agama Islam yang diterapkan pada anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Bantul, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode pembelajaran agama Islam di SLB Negeri 1 Bantul. Hal ini menjadi penting melihat persoalan-persoalan yang dihadapi anak tunagrahita dalam mengikuti proses pembelajaran mengalami kesulitan disebabkan memiliki intelegensi dibawah rata-rata, sehingga dalam proses pembelajarannya memerlukan pendekatan dan pembelajaran secara khusus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam jurusan tunagrahita tingkat SDLB dan 5 peserta didik yang terdiri dari masing-masing kelas jurusan tunagrahita dan tingkat SDLB serta Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis datanya dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan tahap terakhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) karakteristik pembelajaran agama Islam di SLB sama dengan sekolah umum, namun aplikasi pembelajarannya hanya pada materi-materi tertentu. 2) Serta gutu pendidikan agama Islam jurusan tunagrahita di SLB Negeri 1 Bantul dalam pembelajaran agama Islam menggunakan metode antara lain metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, menyanyi dan latihan. 3) Sedangkan factor pendukungnya yaitu didukung dengan ketersediaan media yang lengkap, guru yang sabar dan professional, etos kerja guru yang tinggi. Adapun factor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan siswa dalam masuk sekolah, keinginan belajar anak yang tidak stabil dan kurangnya perhatian orangtua.en_US
dc.description.abstractThis research aims to find out Islamic religion learning method for children with mental disability at SLB Negeri 1 Bantul. This is essential considering the problems experienced by children with mental disability who find difficulties in following learning process due to their below average intelligence, therefore special approach is needed in their learning process. This research use descriptive qualitative approach. The research subject were an Islamic religion teacher of mental disability program SDLB level and 5 students from each mental disability class and SDLB level as well as the headmaster of SLB Negeri 1 Bantul. The data were collected through observation, interview, and documentation. The data were then analyzed through data reduction, data display, and conclusion drawing stages. The research result show that the characteristic of Islamic religion learning at a special needs school is similar to that of public school, however the learning at implementation focuses only on certain materials. The Islamic religion teacher of mental disability program at SLB Negeri 1 Bantul uses some methods in teaching such as lecture, demonstration, question and answer, singing, and practice. There are some supporting factors such as: the available media are complete, the teacher are patient and professional, and the teacher work ethic is excellent. As for the obstacles, there are; students lack of disclipine in attending classes, students unstable learning mood and parents lack of attention.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectmethod, Islamic religion learning, children with mental disability.en_US
dc.titleMETODE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 1 BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 231en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record