Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUSUF A
dc.contributor.authorSARIYANI, SARIYANI
dc.date.accessioned2018-10-19T03:23:44Z
dc.date.available2018-10-19T03:23:44Z
dc.date.issued2018-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22342
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pola asuh apa saja yang diterapkan orang tua terhadap pendidikan agama anak di keluarga TKW di Desa Selopamior, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, 2) dan untuk mengetahui dampak bagi perkembangan sosial anak keluarga TKW di Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Desa Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pola asuh yang diterapkan orang tua dalam pendidikan agama keluarga TKW di Desa Selopamioro adalah pola asuh permisif, demokratis, dan otoriter tetapi orang tua belum mengajarkan tahsin dan tajwid dalam membaca Al-Qur’an, 2) Dampak yang diberikan bagi perkembangan sosial anak setelah Ibunya pergi bekerja menjadi seorang TKW adalah anak yang menjadi pribadi pendiam, egois , agresif bahkan mempengaruhi motivasi belajarnya. Dan beberapa anak juga tidak mengalami dampak akibat Ibunya bekerja tentu ini adalah peran seorang Bapak yang dapat menggantikan posisi seorang Ibu dirumah dan fokus menjaga anaknya dirumah dengan baik.en_US
dc.description.abstractThis study aims to 1) find out the patterns of parenting style in children religious education among the TKW family in Selopamior, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, 2) to find out the impact of the parenting styles on the social development of the children among TKW families in Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. This study employs qualitative approach and was carried out in Selopamioro Village, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. The results of this study indicate that 1) the parental styles applied in the family of TKW in Selopamioro Village including permissive, democratic, and authoritarian parenting style. Furthermore, this study also reveals that the parents do not teach their children tahsin nor tajwid in reciting the Qur'an, 2) the absence of mothers who become migrant workers have several impacts on children’s social development including the tendencies of being quiet person, selfish, aggressive, and even low learning motivation. However, some children do not experience the impact of the absence of mother due to their fathers’ ability to replace the position of the absent mothers at home in taking care of the children.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectparenting style, religious education, family, social developmenten_US
dc.titlePOLA ASUH ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AGAMA KELUARGA TKW DAN DAMPAKNYA BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK DI DESA SELOPAMIORO IMOGIRI BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 249en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record