Show simple item record

dc.contributor.advisorSOSIATI, HARINI
dc.contributor.advisorBUDIYANTORO, CAHYO
dc.contributor.authorBIMANTARA, ALFIAN KRESNA
dc.date.accessioned2018-10-22T03:37:11Z
dc.date.available2018-10-22T03:37:11Z
dc.date.issued2018-08-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22415
dc.descriptionSaat ini penggunaan komposit sudah banyak digunakan dalam kehidupan manusia, seperti peralatan rumah tangga, furniture, biomedis, dan otomotif. Material komposit terdiri dari matrik dan filler. Penggunaan polypropylene sebagai matrik sudah digunakan oleh industri otomotif karena elastis, ringan, dan harganya terjangkau. Kalsium karbonat (CaCO3) merupakan salah satu pengisi komposit yang umum digunakan karena mudah ditemukan dan harganya yang terjangakau. Pada pabrikan otomotif menggunakan bahan komposit sebagai interior yaitu dash board pada bodi kendaraan. Dalam pembuatan dash board perlu dilakukan penelitian tentang bahan komposit plastik agar mendapatkan jenis material yang cocok untuk digunakan dalam pembuatan dash board. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran partikel CaCO3 terhadap sifat tarik, bending¸dan kekerasan komposit PP/ CaCO3. Penelitian ini dilakukan dengan membuat spesimen multipurpose sesuai dengan standar ISO 294-1:2012 dari bahan komposit polypropylene dengan penambahan filler CaCO3 sebesar 15% dan variasi ukuran mikropartikel as-received (132μm), 200 mesh (74μm), 400 mesh (37μm) menggunakan proses fabrikasi mesin injection molding. Pengujian mekanis yang dilakukan antara lain : uji tarik, uji bending, dan uji kekerasan dengan standar ISO 527-1, ISO 178, dan ASTM 2240. Patahan komposit dianalisa menggunakan microscop optic dan scanning electron microscopy (SEM) untuk mengetahui struktur mikro patahan komposit. Hasil penelitian memperoleh nilai kekuatan tarik pada komposit PP/ CaCO3 sebesar 31,08 MPa, 30,48 MPa, 29.86 MPa dari varasi as-received, 200 mesh, 400 mesh. Nilai bending pada komposit PP/ CaCO3 as-received sebesar 47,52 MPa, 200 mesh sebesar 43,3 MPa, 400 mesh sebesar 48,08 MPa. Nilai kekerasan pada komposit PP/ CaCO3 as-received sebesar 68,62 Shore D, 200 mesh sebesar 68,94 Shore D, 400 mesh sebesar 69.7 Shore D. Hasil uji SEM micrographs menunjukan semakin kecil ukuran mesh maka penyebaran partikel CaCO3 semakin merata. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penambahan filler CaCO3 membuat spesimen menjadi keras dan kaku.en_US
dc.description.abstractNowadays, the use of composite has been commonly used in human life, like on household equipment, furniture biomedical and automotive. Composite material consists of matrix and filler. Polypropylene has been used as matrix because of its elasticity, lightness, and cheapness. Calcium carbonate is a kind of the composite fillers which is commonly used because it is abundant and cheap. In the automotive industry, it usually used composite as car interior such as a dashboard. In the process of making dashboard itself, it needs to conduct a lot of research about plastic composite to get the type of material that is suitable to use in making car dashboard. This research is to investigate the influence of CaCO3 size particle to tensile, bending and hardness characteristics of CaCO3/PP composite. This research was performed by creating multipurpose specimen based on ISO 294-1:2012 standard with polypropylene composite material with the addition of 15% CaCO3 filler with microparticle variations of as-received (132μm), 200 mesh (74μm), 400 mesh (37μm) with injection molding manufacturing machine. The performed tests are tensile, bending and hardness tests in accordance to ISO 527-1 standard, ISO 178 standard and ASTM 2240, respectively. Composite fractures were analyzed using optical and scanning electron microscopy (SEM) to determine the composite microstructure. The research produced the following results. The tensile strengths of PP/CaCO3 are 31.08 MPa, 30.48 MPa and 29.86 MPa for as-received, 200 mesh, and 400 mesh, respectively. The bending test result values for PP/CaCO3 are as-received 47.52 MPa, 200 mesh 43.3 MPa, and 400 mesh 48.08 MPa. The hardness test result values for PP/CaCO3 are as-received 68.62 Shore D, 200 mesh 68.94 Shore D, and 400 mesh 69.7 Shore D. SEM micrographs showed the smaller mesh size of the CaCO3 particle size the more evenly distributed. The results concluded that the addition of CaCO3 fillers makes the composite material stiff and hard.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpolypropylene, CaCO3, injection molding, tensile strength, bending, hardnessen_US
dc.titleKARAKTERISASI SIFAT MEKANIS KOMPOSIT CaCO3/ POLYPROPYLENE DENGAN VARIASI UKURAN MIKROPARTIKEL CaCO3en_US
dc.typeThesis SKR F T 515en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record