Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDODO, WAHYU
dc.contributor.advisorMUCHLISIN, MUCHLISIN
dc.contributor.authorARIANTONO, PULUNG EKO
dc.date.accessioned2018-10-22T06:31:13Z
dc.date.available2018-10-22T06:31:13Z
dc.date.issued2018-09-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22439
dc.descriptionJalan Deandels Kulon Progo km 3-5 merupakan salah satu ruas jalan arteri primer yang menghubungkan Provinsi D.I.Yogyakarta dengan Provinsi Jawa Tengah dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Karena sering terjadi kecelakaan pada ruas jalan ini, maka perlu dilakukan analisis terhadap penyebab kecelakaan lalu lintas. Audit keselamatan jalan perlu dilakukan untuk mengidentifikasi situasi yang berisiko tinggi atau potensi terjadinya kecelakaan. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan diatas, maka tujuan penelitian adalah : mengidentifikasi karakteristik kecelakaan, mengevaluasi potensi permasalahan pada jalan yang telah beroperasi pada keselamatan jalan, menganalisis jarak pandang henti (JPH) dan jarak pandang menyiap (JPM), dan memberi rekomendasi untuk perbaikan. Karakteristik kecelakaan lalulintas dan jumlah korban terbanyak mengalami luka ringan 233 orang. Faktor terbanyak penyebab kecelakaan yaitu faktor manusia sebanyak 187 kejadian. Berdasarkan proses kejadian perkara, maka jenis kejadian yang paling banyak terjadi adalah tipe kecelakaan tanpa gerakan membelok dua kendaraan (KDK) sebanyak 49 kejadian. Jenis kendaraan terbanyak yang terlibat kecelakaan adalah kendaraan jenis sepeda motor sebanyak 96 kejadian. Berdasarkan jenis kelamin yang terlibat kecelakaan adalah laki-laki sebanyak 173 orang. Jarak pandang henti dijalan tidak aman karena jarak pandang henti spot speed (existing) yaitu sebesar 54,92 m dan 47,98 m lebih kecil dari pada jarak pandang henti rencana yaitu sebesar 84,65 m. Jarak pandang menyiap dijalan tidak aman karena jarak pandang menyiap spot speed (existing) yaitu sebesar 239,58 m dan 216,03 m lebih kecil dari pada jarak pandang menyiap rencana yaitu sebesar 342,737 m.en_US
dc.description.abstractDeandels Kulon Progo km 3-5 road is one segments of primary collector road that connect D.I.Yogyakarta Province and Central Java Province with a high mobility. Because of the high frequent accidents in this road, its necessary to analyz the causes of traffic accidents. Road safety audit needs to be conducted to identify the high risk situations or potential accidents. Based on the background and problems above, the objective of this research are : to identify the characteristics of the accidents, to evaluate potential problems on the roads that have operated on the safety road, to analyze visibility and analyze visibility prepares, to recommendations for improvement. The characterictics of traffic accidents and the highest number of casualities who suffered minor in 233 people. The highest factors of accidents are human factors, its 187 incidents. Based on the case proceedings, the most high frequent incidents is accidents without movement of Two Vehicles type, its 49 incidents. The most types of vehicles that involved in the accidents are motorcycle, its 96 incidents. Basedon the gender classification, the number of men was involved 173 people. The stopping sight distance on this road is not safe as the spot speed (existing) of the stopping sight distance 54,92 m which is 47,98 m smaller than the planned stopping sight distance, i.e. 84,65 m. In addition, the passing sight distance is also not safe as the spot speed (existing) of the passing sight distance is 239,58 m which is 216,03 m smaller than the planned passing sight distance, i.e. 342,737 m.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectRoad Safety Audit, Accident Characteristics, Stopping Sight Distance, Passing Sight Distance.en_US
dc.titleAUDIT KESELAMATAN JALAN (STUDI KASUS : JL. DEANDLES KM 3-5 KULON PROGO)"en_US
dc.typeThesis SKR F T 440en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record