Show simple item record

dc.contributor.authorSAIFULLAH, NAJMUDDIN
dc.date.accessioned2018-10-24T02:44:59Z
dc.date.available2018-10-24T02:44:59Z
dc.date.issued2018-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22534
dc.descriptionPenelitian ini memiliki tujuan mendapatkan nilai-nilai tauhid dalam buku Risalah untuk Kaum Muslimin. Selain itu juga untuk mengetahui relevansi antara nilai-nilai tauhid yang ada di buku Risalah untuk Kaum Muslimin dengan Pelajaran akidah Pendidikan Menengah Atas. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah menambah khazanah keilmuan terhadap materi akidah yang ada di Pendidikan Menengah Atas. Jenis penelitan ini merupakan penilitian kepustakaan (Library Research) dengan metode analisis isi (Content Analysis) yang berpusat pada buku Risalah untuk Kaum Muslimin karya Syed Muhammad Naquib al-Attas, selain itu karya-karya al-Attas yang lain juga menjadi sumber pokok. Pendekatan yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, karena mencari nilai yang ada dalam sebuah buku dan merelevansikan terhadap Pendidikan Menengah Atas melalui KD yang berlaku. Penelitian ini juga memiliki sifat deskriptif-analisis, yaitu data-data yang ada dianalisis dan dijelaskan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mendapatkan empat nilai-nilai tauhid dalam buku Risalah untuk Kaum Muslimin karya Syed Muhammad Naquib al-Attas. Keempat nilai tauhid tersebut kemudian direlevansikan kepada pelajaran akidah Pendidikan Menengah Atas melalui KD yang ada. KD pelajaran akidah SMA selama ini hanya berkutat pada rukun iman saja, sehingga perlu adanya tambahan materi untuk memperkaya wawasan akidah peserta didik. Salah satunya adalah dengan nilai tauhid dalam penelitian inien_US
dc.description.abstractThis study aims to explore the tauhidic values in one of al-Attas’s works entitled Risalah Untuk Kaum Muslimin. Furthermore, it also seeks to determine the relevance of the tauhidic values in Risalah Untuk Kaum Muslimin to the Middle and Higher education. Thus, this study is essential to broaden the insight into the materials of akidah education in the middle and higher education. This research is a library research that employs content analysis method to analyze al-Attas’s work, Risalah Untuk Kaum Muslimin. In addition to the book, other works of al-Attas are also used as the main source of data. The approach of this study is a qualitative approach, because it seeks the values in the book as well as their relevant to the basic competences (Kompetensi Dasar/KD) of the current akidah (Islamic creed) education of middle and higher education. The gathered data are analyzed using descriptive-analytic method. This study concludes that there are four main tauhidic values explained in al-Attas’s Risalah Untuk Kaum Muslimin. The four tauhidic values are still relevant to the basic competence of the current middle and higher education. The current basic competences of akidah education in the middle and higher education only focus on the exploration of the six pillars of faith. Therefore, there is a need to enrich the material by adding the four tauhidic values found by this study.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAMen_US
dc.subjectTauhid Values, Al-Attas, middle Education, higher education.en_US
dc.titleNILAI-NILAI TAUHID UNTUK PENDIDIKAN MENENGAH ATASen_US
dc.title.alternative(Telaah Buku Risalah Untuk Kaum Muslimin Karya Syed Muhammad Naquib Al-Attas)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 274en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record