dc.contributor.advisor | RAHMAWATI, ANITA | |
dc.contributor.advisor | SETIAWAN, DIAN | |
dc.contributor.author | PANGESTU, ABY YANSUN | |
dc.date.accessioned | 2018-10-26T01:25:25Z | |
dc.date.available | 2018-10-26T01:25:25Z | |
dc.date.issued | 2018-08-11 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22626 | |
dc.description | Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang memiliki peranan
penting dalam terciptanya suatu keseimbangan dan pemerataan pembangunan antar
daerah. Dengan adanya jalan, diharapkan aksesibilitas terhadap barang dan atau
jasa akan meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga perlu adanya
perancangan struktur jalan yang sesuai dengan pedoman untuk memberikan rasa
aman dan nyaman saat berkendara. Dalam rangka peningkatan dan pengembangan
kualitas jalan, maka diperlukan evaluasi tebal perkerasan jalan menggunakan
Metode Analisa Komponen 1987 dan Metode Austroads 2004 serta menganalisis
kerusakan perkerasan menggunakan Program Kenpave guna mengetahui nilai
regangan yang terjadi pada jalan akibat beban lalu-lintas. Berdasarkan perhitungan
yang telah dilakukan, diperoleh hasil tebal perkerasan Metode Analisa Komponen,
yaitu lapis permukaan sebesar 7,5 cm (Laston MS 340), lapis pondasi atas sebesar
10 cm (Laston Atas MS 340) dan lapis pondasi bawah sebesar 15 cm (Sirtu Kelas
B). Sedangkan untuk Metode Austroads, yaitu lapis permukaan sebesar 7,5 cm
(Laston MS 340), lapis pondasi atas sebesar 13 cm (Laston Atas MS 340) dan lapis
pondasi bawah sebesar 50 cm (Sirtu Kelas B). Dari hasil perhitungan tebal
perkerasan yang telah dilakukan, selanjutnya dianalisis kerusakan perkerasan jalan
lentur menggunakan Program Kenpave, didapatkan nilai repetisi beban retak lelah
(fatigue cracking) sebesar 143.484 ESAL dan repetisi beban retak alur (rutting)
sebesar 208.241 ESAL untuk metode Analisa Komponen. Sedangkan nilai repetisi
beban retak lelah (fatigue cracking) sebesar 390.302 ESAL dan repetisi beban retak
alur (rutting) sebesar, 8.369.086 ESAL untuk Metode Austroads. Repetisi beban
rencana yang diperoleh sebesar 204.859 ESAL. Berdasarkan hasil analisis
kerusakan yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa Metode Analisa Komponen
1987 tidak mampu menahan beban lalu-lintas rencana, sedangkan Metode
Austroads 2004 mampu menahan beban lalu-lintas selama umur rencana | en_US |
dc.description.abstract | Road is a land transportation infrastructure that has an important role in
the creation of a balance and equitable development among regions. With the road,
it is expected that accessibility to goods and or services will improve the economy
of the community, so it is necessary to design the road structure in accordance with
the guidelines to provide a sense of security and comfort when driving. In order to
improve and develop road quality, it is necessary to evaluate pavement thickness
using Analisa Komponen 1987 Method and Austroads 2004 Method and analyze
pavement damage using Kenpave Program to know strain value that happened on
road due to traffic load. Based on calculations that have been done, the results of
pavement thickness of Analisa Komponen Method, that are the surface layer of 7,5
cm (Laston MS 340), the base layer of 10 cm (Laston Up MS 340) and the subbase
layer of 15 cm (Sirtu Class B). While for Austroads Method, that are the surface
layer of 7,5 cm (Laston MS 340), the base layer of 13 cm (Laston Atas MS 340)
and the subbase layer of 50 cm (Sirtu Class B). From the calculation of pavement
thickness that has been done, then analyzed the damage of pavement bending using
Kenpave Program, got fatigue cracking load repetition of 143.484 ESAL and rutting
load repetition of 208,241 ESAL for Analisa Komponen Method. While the value
of fatigue cracking repetition of 390,302 ESAL and rutting repetition load of
8,369,086 ESAL for Austroads Method. The repetition of the planned loads is
204.859 ESAL. Based on the results of the damage analysis that has been done,
shows that the Analisa Komponen Method is not able to withstand the traffic load
of the plan, while the Austroads 2004 Method is able to withstand the traffic load
during the life of the plan. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Analisa Komponen, Austroads, Damage Analysis, Flexible Pavement, Kenpave. | en_US |
dc.title | EVALUASI PERANCANGAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN ANALISIS KERUSAKAN MENGGUNAKAN PROGRAM KENPAVE PADA JALAN GUMENTER – KABUARAN KEBUMEN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
439 | en_US |