dc.contributor.advisor | SUSANTO, CHAYADI OKTOMY NOTO | |
dc.contributor.advisor | PURBOHADI, DWIJOKO | |
dc.contributor.author | YUHAZ, ADIKA MANDALA ARFIANDA | |
dc.date.accessioned | 2018-10-27T01:58:52Z | |
dc.date.available | 2018-10-27T01:58:52Z | |
dc.date.issued | 2018-08-31 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22656 | |
dc.description | Penerapan teknologi pada Institusi Pendidikan XYZ dapat membantu proses
dari pengolahan data dan informasi yang prosesnya berkaitan langsung dengan
mahasiswa, staff ataupun dosen pada institusi pendidikan. Permasalahan yang
pernah dialami pada Institusi Pendidikan XYZ seperti adanya percobaan masuk ke
sistem dari orang yang tidak bertanggung jawab. Kejadian tersebut berakibat
kegiatan operasional terganggu untuk sesaat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui apa saja aset teknologi informasi yang ada pada Institusi Pendidikan
XYZ, menganalisis dan mengevaluasi untuk memperkecil risiko yang terjadi pada
setiap aset teknologi informasi serta dapat mengetahui hasil penilaian atas mitigasi
risiko aset teknologi informasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu OCTAVE
untuk mengolah risiko aset teknologi informasi dan FMEA untuk melakukan
penilaian ke masing-masing risiko, yang selanjutnya diberikan ranking berdasarkan
prioritasnya. Hasil yang sudah didapat dari penelitian ini adalah ranking yang
memiliki tiga risiko level high, 3 risiko level medium, 22 risiko level low. Sehingga
dari hasil RPN, yang perlu diberikan penangan khusus yaitu RPN yang mempunyai
level high. | en_US |
dc.description.abstract | The application of technology to the XYZ Education Institution can help data
and information processing which is directly related to students, staff or lecturers
in educational institutions. The problem that has been experienced in the XYZ
Education Institution is that there is an attempt to enter the system from
irresponsible people. The incident resulted in disrupted operational activities for a
moment. The purpose of this study was to find out what information technology
assets that exist in the XYZ Educational Institution, analyze and evaluate to
minimize the risks that occur in each information technology asset and can find out
the results of the assessment of risk mitigation of information technology assets.
The research method used in this study is OCTAVE to treat the risk of information
technology assets and FMEA to assess each risk, then the ranking will be given
based on its priorities. The results of this study are ranks that have 3 high level risk,
4 medium level risks, 22 low level risks. So from the results of the RPN, special
handlers need to be given the RPN that has a high level. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | FMEA, OCTAVE, Information Technology, RPN | en_US |
dc.title | RISK MANAGEMENT ASET TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK OCTAVE ( OPERATIONALLY CRITICAL THREAT, ASSET AND VULNERABILITY EVALUATION ) DAN FMEA ( FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS ) DI INSTITUSI PENDIDIKAN XYZ | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
521 | en_US |