Show simple item record

dc.contributor.advisorSUDARJA, SUDARJA
dc.contributor.advisorTHOHARUDIN, THOHARUDIN
dc.contributor.authorRIZALDI, HELMI WILDAN
dc.date.accessioned2018-10-27T04:01:13Z
dc.date.available2018-10-27T04:01:13Z
dc.date.issued2018-08-18
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22676
dc.descriptionTeknologi dan otomotif mengalami perkembangan yang signifikan di dunia maupun Indonesia. Kebutuhan sepeda motor pada kehidupan sehari-hari juga meningkat pesat. Untuk mengoptimalkan penggunaannya perlu peningkatan torsi dan daya serta kosumsi bahan bakar yang hemat. Berdasarkan uraian di atas maka perlu dilakukan penelitian pengaruh pengaturan pengapian dengan variasi CDI standar dan CDI racing serta variasi bahan bakar Pertamax Turbo dan Shell Super terhadap unjuk kerja mesin 4 langkah 225 cc. Penelitian ini dilakukan dengan cara menguji motor Yamaha Scorpio 225 cc. Pengujian dilakukan dengan 10 kondisi variasi, diantaranya CDI standar dengan bahan bakar Pertamax dan Shell Super. CDI Rextor dengan 4 pengaturan maping, yaitu pengaturan Map 1, Map 5, Map D, dan Map E dengan menggunakan variasi bahan bakar Pertamax Turbo dan Shell Super. Parameter yang diuji yaitu torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Pengujian torsi dan daya menggunakan alat Dynamometer berdasarkan standar uji SAE J1349 DEC 80, pada pengujian konsumsi bahan bakar dengan cara melakukan uji jalan kendaraan pada jarak 5 km sesuai standar uji SAE J108-200802. Dari pengujian diatas, menunjukkan torsi terbesar didapatkan pada variasi CDI Rextor Map 1 dengan bahan bakar Shell Super yaitu 18,96 N.m pada 6500 rpm. Sedangkan daya terbesar yaitu menggunakan variasi CDI Rextor map E dengan bahan bakar Shell Super yaitu 18,92 HP pada 7750 rpm. Konsumsi bahan bakar paling hemat menggunakan variasi CDI Rextor Map1 dengan bahan bakar Pertamax Turbo yang menghasilkan konsumsi bahan bakar 34 km/l.en_US
dc.description.abstractTechnology and automotive have experienced significant developments in Indonesia and in the world. The neccesity of motorbikes in daily life is also increasing rapidly. To optimize its use, it is necessary to increase torque and power and save fuel consumption. Based on the description above, it is necessary to do research on the effect of ignition settings with variations of CDI standard and CDI racing and variations of Turbo Pertamax fuel and Shell Super on the performance of the 225 cc 4 stroke engine. This research was conducted by testing the 225 cc Yamaha Scorpio motorbike. The test was carried out with 10 variation conditions, including CDI standard with Pertamax fuel and Super Shell. CDI Rextor with 4 maping settings, namely Map 1, Map 5, Map D, and Map E settings using variations of Turbo Pertamax and Super Shell fuels. The parameters that tested are torque, power and fuel consumption. Torque and power testing are used the Dynamometer based on the SAE J1349 DEC 80 test standard, on fuel consumption testing by way of testing the vehicle road at a distance of 5 km according to SAE J108-200802 test standards. Based on the test above, it shows that the largest of torque obtained in the variation of Map 1 CDI Rector with Super Shell fuel that is 18.96 N.m at 6500 rpm. While the biggest power is using the variation of map E CDI Rector with Super Shell fuel which is 18.92 HP at 7750 rpm. The most efficient fuel consumption uses variety of MAP 1 CDI Rextor with Pertamax Turbo fuel which produces 34 km / l fuel consumption.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectCDI, pertamax turbo, shell super, torque, poweren_US
dc.titlePENGARUH PENGATURAN PENGAPIAN DENGAN VARIASI CDI STANDAR DAN CDI RACING MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PETAMAX TURBO DAN SHELL SUPER TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN 4 LANGKAH 225 CCen_US
dc.typeThesis SKR F T 500en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record