dc.contributor.advisor | NURCAHYADI, TEDDY | |
dc.contributor.advisor | SANTOSO, TITO HADJI AGUNG | |
dc.contributor.author | SIDIK, AHMAD | |
dc.date.accessioned | 2018-10-27T04:21:03Z | |
dc.date.available | 2018-10-27T04:21:03Z | |
dc.date.issued | 2018-09-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22678 | |
dc.description | Lampu dan knalpot merupakan bagian penting dari kendaraan sepeda
motor. Lampu digunakan untuk penerangan pada kendaraan bermotor dan knalpot
sebagai saluran gas buang dan peredam suara yang ditimbulkan dari kerja mesin.
Intensitas paparan cahaya yang di bawah kententuan peraturan pada undang-undang
maka dapat mengurangi jarak pandang apabila intensitas cahaya terlalu terang maka
dapat menimbulkan resiko kecelakaan lalu lintas dan intensitas paparan suara tinggi
yang dapat menimbulkan dari knalpot dapat menimbulkan gangguan pada sekitar
dan mengalami kebisingan mengakibatkan gangguan kesehatan. Maka oleh karena
itu, penelitian ini diperlukan bertujuan untuk mengetahui tingkat intensitas cahaya
lampu utama standar dan lampu utama LED 6 sisi serta juga untuk mengetahui
tingkat intensitas suara yang dapat dihasilkan dari knalpot standar dan knalpot
racing NOB1 Neo SS pada sepada motor Yamaha Mio Soul tahun 2010.
Penelitian intensitas paparan cahaya lampu utama sepeda motor yang
dilakukan di jalan Lintas Selatan, Bantul dan intensitas paparan suara knalpot yang
dilakukan di Stadion Sulta Agung, Bantul. Penelitian ini juga menggunakan alat
ukur luxmeter dan sound level meter. Data yang di dapat dengan cara pengukuran
secara langsung pada lampu utama standar dan lampu utama LED 6 sisi dengan
variasi berat beban 40, 50, 60, dan 90 dengan berjarak 0-100 meter dan ke arah
kanan 2-3 meter serta pada pengukuran secara langsung pada knalpot standar dan
knalpot racing NOB1 Neo SS dengan menggunakan variasi tanpa DB killer,
menggunakan DB killer, dan berat glasswool.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pada
intensitas paparan cahaya dari lampu utama standar cenderung kecil dari lampu
utama LED 6 sisi. Semakin jauh meninggalkan titik terang pada lampu utama
standar dan lampu utama LED maka paparan cahaya semakin redup. Intensitas
paparan suara knalpot lebih rendah dari pada knalpot racing NOB1 Neo SS.
Penambahan pada berat glaasswool dan menggunakan variasi DB killer pada
knalpot NOB1 Neo SS dan dapat menurunkan tingkat pada kebisingannya. | en_US |
dc.description.abstract | Lights and exhaust are important parts of a motorcycle. Lights are used for
the lighting on motor vehicles and exhaust is used as exhaust channels and sound
absorbers produced from the working engine. The intensity of light exposure which
is under regulatory requirements in the law can reduce the visibility. If the intensity
of light is too bright then it can lead to the risk of accident. The high intensity of
noise exposure produced from the exhaust can cause disturbances in surrounding
environment and the noise can result in health disorder. Therefore, this research is
aimed to find out the level of light intensity of standard headlights and 6-sided LED
headlight as well as to know the level of noise intensity that can be produced from
the standard exhaust and racing exhaust of NOB1 Neo SS on Yamaha Mio Soul 115
motorcycle Year 2010.
The study of the intensity of exposure of motorcycle headlight was conducted
on the Southern crossroad, Bantul and the study of the intensity of the exhaust noise
exposure was conducted at the Sultan Agung Stadium, Bantul. This research also
used luxmeter measuring instrument and sound level meter. The data collected were
obtained from direct measurement on standard headlight and 6-sided LED
headlight with the load weight variation of 40, 50, 60, and 90 with a distance of 0-
100 meters and 2-3 meters to the right. The direct measurement on standard
exhaust and racing exhaust NOB1 Neo SS used the variations without DB killer,
using DB killer, and glasswool weight.
The results of the study show that the intensity of light exposure and standard
headlights tends to be small on 6-sided LED headlights. The farther away leaving
the bright spot on the standard headlight and the LED headlight, the light exposure
is dimmer. The intensity of noise exposure is lower than the NOB1 Neo SS racing
exhaust. The addition to glasswool weight and the use of DB killer variation on
NOB1 Neo SS exhaust can decrease the level of noise. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | light exposure intensity, noise exposure intensity, lights, exhaust | en_US |
dc.title | KARAKTERISTIK PAPARAN CAHAYA LAMPU UTAMA LED 6 SISI DAN PAPARAN SUARA KNALPOT NOB1 NEO SS PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO SOUL TAHUN 2010 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
531 | en_US |