dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Diniyah Weekend dalam proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Banguntapan Bantul. Sedangkan secara khusu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana context (konteks), input (masukan), process (proses) dan product (hasil) dari program diniyah Weekend dalam Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul ‘ulum Bnaguntapan Bantul.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan model evaluasi CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam dan teman-temanya dengan menganalisis 4 komponen yaitu, context, input, process dan product. Subjek penelitian ini yaitu pendidik atau ustadz dan ustadzah, perintis program, koordinator program dan peserta didik atau santri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data dilakukan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) conext evaluation sudah baik. Hal ini didasari oleh hasil data-data yang telah terkumpul dan menyimpulkan bahwasanya konteks program Diniyah Weekend sudah selaras dengan tujuan program Diniyah Weekend diselenggarakan. (2) input evaluation sudah baik. Hal ini didasari oleh data-data yang telah terkumpul dan menyatakan bahwasanya input program Diniyah Weekend sudah mencukupi kebutuhan program tersebut. (3) process evaluation secara keseluruhan cukup. Namun dalam proses penyusunan instrument evaluasi harus dibenahi. (4) product evaluation secara keseluruhan cukup. | en_US |