Show simple item record

dc.contributor.authorHAZMIN, IBNU
dc.date.accessioned2018-10-30T01:53:37Z
dc.date.available2018-10-30T01:53:37Z
dc.date.issued2018-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22711
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Tarkibiyyah dalam pembelajaran nah}wu-s}araf di pondok pesanten al-Furqon Muhamadiyah Cibiuk-Garut. Sedangkan manfaat dan kegunaan dari penelitian ini adalah menambah khazanah keilmuan tentang metode pembelajaran nah}wu-s}araf guna sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas keilmuan di pondok pesanten al-Furqon Muhamadiyah Cibiuk-Garut khusus dalam bidang nah}wu-s}araf. Jenis penelitan ini tergolong penelitian studi kasus yaitu penelitan yang mengamati tentag individu, suatu kelompok, organisasi, suatu program kegiatan, dan kejadia tertendu di suatu tempat dengan menggunakan analisis data yaitu kualitatif grounded yang dicetuskan oleh Miles dan Huberman atau sering disebut analisis data interaktif. Pada analisis data tersebut dilakuka secara terus menerus sampai tuntas, sedangkan aktivitas dalam analisis data tersebut terbagi dalam tiga tahap, yani tahap reduksi data, display data dan kesimpulan atau verivikasi. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Tarkibiyyah dalam pembelajaran nah}wu-s}araf di pondok pesantren al-Furqon Muhamadiyah Cibiuk-Garut. Selain itu, sifat penelitian ini deskriptif-analisis, yaitu penelitian yang menjelaskan dan menganalisis data-data yang sudah ada. Sebagai simpulan dari penelitian ini bahwasanya metode tarkibiyyah merupaka salah satu metode dalam pembelajaran nah}wu-s}araf yang diterapkan di pondok pesantren al-Furqon Muhammadiyyah Cibiuk-Garut. Metode tarkibiyyah ini adalah metode yang mempunyai tujuan lebih dari membaca kitab kuning saja, akan tetapi melatih siswa/ santri untuk mengetahui mana secara mendalam terhadap teks bahasa arab. Selain dari itu, meskipun metode tersebut telah berjalan cukup lama, akan tetapi masih terdapat kekuragan yang harus diperbaiki. Oleh sebab itu hasil dari penelitia ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengevaluasi metode tarkibiyyah guna mengantarkan pada yang diharapkan diterapkannya metode tersebut.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPembelajaran, Nahwu-Saraf, Metode Tarkibiyyah.en_US
dc.titleEVALUASI PENERAPAN METODE TARKIBIYYAH PADA PEMBELAJARAN ILMU NAHWU-SHARAF DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON MUHAMMADIYAH CIBIUK-GARUTen_US
dc.title.alternative(Studi Kasus Pembelajaran Nahwu-Sharaf)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 289en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record