Show simple item record

dc.contributor.authorA'YUN, KURROTA
dc.date.accessioned2018-10-30T02:26:18Z
dc.date.available2018-10-30T02:26:18Z
dc.date.issued2018-08-21
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22716
dc.descriptionTujuan dari penelitian ini adalah pertama, mendapatkan penjelasan dan pemahaman tentang bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Said Nursi yang merupakan tokoh besar pada zamannya. Kedua, mengetahui relevansi pendidikan akhlak menurut Said Nursi dengan pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library research), yaitu penelitian yang objek utamanya adalah bahan-bahan pustaka, bersumber dari data primer, data sekunder dan pendukung. Sedang pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi sumber primer dalam penelitian ini adalah buku karya Said Nursi terutama “al-Maktubat” dan “al-Lama’at” yang merupakan bagaian dari koleksi Risalah an-Nur. Sedangkan sumber sekunder karya-karya orang lain di dalamnya membahas tokoh yang akan diteliti. Diantara karya-karya tersebut adalah “Biografi Intelektual Said Nursi” yang ditulis oleh Sukran Vahide. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pendidikan akhlak menurut said Nursi mencakup aspek akhlak kepada Allah, akhlak kepada manusia, dan akhlak kepada alam semesta. kedua, pendidikan akhlak cukup relevan dengan kondisi pendidikan Islam di Indonesia dengan metode menggabungkan agama dan sains modern untuk memperkuat kebenaran-kebenaran dalam agama Islam dan membentuk akhlak yang mulia.en_US
dc.description.abstractThe purpose of this study is; first, to get an explanation and understanding of the concept of moral education according to Said Nursi who was a great figure in his day. Second, knowing the relevance of moral education according to Said Nursi with Islamic education in Indonesia. The type of this research is library research, namely research in which the main object is library materials. The source is from primary data, secondary data and supporting data. While the approach used in this study is a qualitative approach. As for the primary source in this study are the book of Said Nursi, especially "al-Maktubat" and "al-Lama'at" which are parts of the collection of Risalah an-Nur. While the primary source is the works of others which discuss the character that will be studied. Among these works was “Biografi Intelektual Said Nursi” written by Sukran Vahide. The results showed that: first, moral education according to said Nursi included the moral aspect of God, morality to human, and moral to the universe. Second, moral education is quite relevant to the condition of Islamic education in xiii Indonesia with a method of combining religion and modern science to strengthen the truths in Islam and form noble character.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectMoral, Moral Education, Said Nursien_US
dc.titlePENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SAID NURSI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 326en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record