Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN,MARSUDI
dc.contributor.authorKAESARI, MISS NASUHA
dc.date.accessioned2018-11-07T06:10:37Z
dc.date.available2018-11-07T06:10:37Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22943
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Thailand Selatan pada tingkat Tadika atau SD, selain itu ingin mengetahui hasil pembelajaran pendidikan Agama Islam. Kemudian hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi yang berharga kepada staff pendidik dalam rangka menambah wawasan mendidik anak secara Islami Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan. data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan kesimpulan dari makna terhadap data yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan berjalan dengan baik dan tercapai tujuan dari segi menyampaian materi , menggunakan metode yang tepat, media yang digunakan ada dua betuk yaitu alat pembelajaran di dalam kelas dan alat visual, guru sudah memiliki kelayakan yang cukup, siswa memperhatikan penuh apa terhadap apa yang di sampaikan guru, evaluasi yang gunakan adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. 2) hasil pembelajaran pendidikan agama Islam tergolong bagus siswa sudah bisa menulis, membaca dengan lancar dan beramal dengan baik 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan yaitu guru-guru umumnya dari lingkungan Islami yang sangat paham dengan ajaran Islam jadi para guru memilki jiwa semangat berkorban dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam demi anak bangsa. Dan yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan pengajaran Islam yaitu kurang dana bantuan dari kerajaan, selain itu, kurang kerjasama dari orang tua.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Thailand Selatan pada tingkat Tadika atau SD, selain itu ingin mengetahui hasil pembelajaran pendidikan Agama Islam. Kemudian hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi yang berharga kepada staff pendidik dalam rangka menambah wawasan mendidik anak secara Islami Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan. data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan kesimpulan dari makna terhadap data yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan berjalan dengan baik dan tercapai tujuan dari segi menyampaian materi , menggunakan metode yang tepat, media yang digunakan ada dua betuk yaitu alat pembelajaran di dalam kelas dan alat visual, guru sudah memiliki kelayakan yang cukup, siswa memperhatikan penuh apa terhadap apa yang di sampaikan guru, evaluasi yang gunakan adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. 2) hasil pembelajaran pendidikan agama Islam tergolong bagus siswa sudah bisa menulis, membaca dengan lancar dan beramal dengan baik 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan yaitu guru-guru umumnya dari lingkungan Islami yang sangat paham dengan ajaran Islam jadi para guru memilki jiwa semangat berkorban dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam demi anak bangsa. Dan yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan pengajaran Islam yaitu kurang dana bantuan dari kerajaan, selain itu, kurang kerjasama dari orang tua.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islam, Implementasi mata pelajaran, Tadika al-Khairiyahen_US
dc.titleIMPLEMENTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MELAYU TADIKA AL-KHAIRIYAH THAILAND SELATANen_US
dc.typeThesis SKR FAI 301en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record