dc.contributor.advisor | IMAN,MARSUDI | |
dc.contributor.author | KAESARI, MISS NASUHA | |
dc.date.accessioned | 2018-11-07T06:10:37Z | |
dc.date.available | 2018-11-07T06:10:37Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22943 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi mata pelajaran
pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Thailand Selatan pada tingkat Tadika atau SD,
selain itu ingin mengetahui hasil pembelajaran pendidikan Agama Islam. Kemudian hasil
penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi yang berharga kepada staff pendidik
dalam rangka menambah wawasan mendidik anak secara Islami
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan. data dikumpulkan dengan
menggunakan beberapa metode yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian
dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan
kesimpulan dari makna terhadap data yang telah dikumpulkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi mata pelajaran
pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan berjalan
dengan baik dan tercapai tujuan dari segi menyampaian materi , menggunakan metode yang
tepat, media yang digunakan ada dua betuk yaitu alat pembelajaran di dalam kelas dan alat
visual, guru sudah memiliki kelayakan yang cukup, siswa memperhatikan penuh apa terhadap
apa yang di sampaikan guru, evaluasi yang gunakan adalah evaluasi formatif dan evaluasi
sumatif. 2) hasil pembelajaran pendidikan agama Islam tergolong bagus siswa sudah bisa
menulis, membaca dengan lancar dan beramal dengan baik 3) Faktor pendukung dalam
pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand
Selatan yaitu guru-guru umumnya dari lingkungan Islami yang sangat paham dengan ajaran
Islam jadi para guru memilki jiwa semangat berkorban dalam melaksanakan pembelajaran
pendidikan agama Islam demi anak bangsa. Dan yang menjadi faktor penghambat dalam
pelaksanaan pengajaran Islam yaitu kurang dana bantuan dari kerajaan, selain itu, kurang
kerjasama dari orang tua. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi mata pelajaran
pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Thailand Selatan pada tingkat Tadika atau SD,
selain itu ingin mengetahui hasil pembelajaran pendidikan Agama Islam. Kemudian hasil
penelitian ini diharapkan bisa memberikan informasi yang berharga kepada staff pendidik
dalam rangka menambah wawasan mendidik anak secara Islami
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan. data dikumpulkan dengan
menggunakan beberapa metode yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian
dianalisis dengan memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan
kesimpulan dari makna terhadap data yang telah dikumpulkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi mata pelajaran
pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand Selatan berjalan
dengan baik dan tercapai tujuan dari segi menyampaian materi , menggunakan metode yang
tepat, media yang digunakan ada dua betuk yaitu alat pembelajaran di dalam kelas dan alat
visual, guru sudah memiliki kelayakan yang cukup, siswa memperhatikan penuh apa terhadap
apa yang di sampaikan guru, evaluasi yang gunakan adalah evaluasi formatif dan evaluasi
sumatif. 2) hasil pembelajaran pendidikan agama Islam tergolong bagus siswa sudah bisa
menulis, membaca dengan lancar dan beramal dengan baik 3) Faktor pendukung dalam
pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolah Melayu Tadika al-Khairiyah Thailand
Selatan yaitu guru-guru umumnya dari lingkungan Islami yang sangat paham dengan ajaran
Islam jadi para guru memilki jiwa semangat berkorban dalam melaksanakan pembelajaran
pendidikan agama Islam demi anak bangsa. Dan yang menjadi faktor penghambat dalam
pelaksanaan pengajaran Islam yaitu kurang dana bantuan dari kerajaan, selain itu, kurang
kerjasama dari orang tua. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Pendidikan Agama Islam, Implementasi mata pelajaran, Tadika al-Khairiyah | en_US |
dc.title | IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MELAYU TADIKA AL-KHAIRIYAH THAILAND SELATAN | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
301 | en_US |