Show simple item record

dc.contributor.advisorKHOIRIYATI, AZIZAH
dc.contributor.authorRIZQIANI, AMALIA
dc.date.accessioned2016-09-20T02:40:56Z
dc.date.available2016-09-20T02:40:56Z
dc.date.issued2016-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2294
dc.descriptionLatar Belakang: Cedera merupakan ancaman bagi kesehatan diseluruh dunia (Kuschithawati dkk, 2007). Menurut World Health Organization (WHO) cedera mengakibatkan 5,8 juta kematian di seluruh dunia Menurut DINKES Bantul (2014), prevalensi kejadian cedera pada anak usia toddler adalah jatuh (8,9%), kecelakaan tenggelam (20,6%), fraktur tulang (2,6%), luka bakar (5,3%), kemasukan benda asing (9,7%), cedera yang tidak terduga (8,7%), dan keracunan (10,26%). Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan orang tua dalam penanganan cedera anak toddler di rumah tangga. Metode: quasy experimental study with kontrol group design dengan rancangan pre-test-posttest untuk menguji pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan orang tua dalam penanganan cedera anak toddler di rumah tangga. Uji sampel sebanyak 44 yaitu 22 untuk kelompok kontrol dan 22 untuk kelompok intervensi. Uji validitas menggunakan pearson product moment dan uji reliabilitas menggunakan KR-20. Data diuji dengan paired TTest dan Independent T-Test. Hasil: hasil uji statistik tingkat pengetahuan dengan rancangan pre-test-post-test kelompok kontrol tentang pengetahuan komponen first aid box dan penanganan cedera anak toddler diperoleh nilai yang signifikan 0,000 (p<0,05), sedangkan pada kelompok intervensi juga didapatkan hasil yang signifikan 0,000 (p<0,05). Hasil uji statistik Independent T-Test pada posttest kelompok control dan intervensi diperoleh nilai probabilitas sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (p<0,05). Kesimpulan: ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan orang tua.en_US
dc.description.abstractBackground: Injuries are a threat to health worldwide (Kuschithawati et al, 2007). According to the World Health Organization (WHO) injuries resulting in 5.8 million deaths worldwide. According DINKES Bantul (2014), the prevalence of injury in children ages toddler is falling (8.9%), drowning accidents (20.6%), bone fracture (2.6%), burns (5.3%), intruding foreign bodies (9.7%), unexpected injury (8.7%), and poisoning (10.26%). Objective: To determine the effect of health education on the level of parental knowledge in handling injury toddler child in the household. Methods: quasy experimental study with control group design with the design of pre-test-posttest to test the effect of health education on the level of parental knowledge in handling injury toddler child in the household. Test sample 44 at 22 for the control group and 22 to the intervention group. Test the validity of using the Pearson product moment and reliability testing using the KR-20. Data were tested by paired T-test and Independent T-Test. Results: The results of statistical tests the level of knowledge of the design of pre-test-post-test control group on the knowledge component of first aid box and the handling of child injury toddler obtained significant value of 0.000 (p <0.05), whereas in the intervention group also showed that 0,000 significant (p <0.05). Statistical test results Independent T-Test on the posttest control and intervention group obtained probability value sig. (2-tailed) of 0.000 (p <0.05). Conclusion: there is the effect of health education on the level of parental knowledgeen_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectPendidikan kesehatan, pengetahuan, first aid box, cedera Health education, knowledge, first aid box, injuriesen_US
dc.titlePENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN FIRST AID BOX TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA DALAM PENANGANAN CEDERA ANAK TODDLER DI RUMAH TANGGAen_US
dc.typeThesis SKR 248en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record