Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAM, MARSUDI
dc.contributor.authorSAEPULOH, AHMAD
dc.date.accessioned2018-11-08T01:59:34Z
dc.date.available2018-11-08T01:59:34Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22953
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir, pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir dan hasil pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir. Jenis penelitian menggunakan evaluativ deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, interviu (interview) dan dokumentasi. Data dianalisis secara terus menerus sampai tuntas hingga data menjadi jenuh. Dalam proses analisis melalui tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran kitab kuning termasuk ke dalam kategori cukup karena belum adanya sarana dan prasarana yang kurang optimal dalam menunjang kegiatan belajar mengajar; (2) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning kurang karena belum adanya kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanaan pembelajaran; (3) evaluasi hasil pembelajaran kitab kuning dilakukan dengan tes dalam bentuk tulisan dan lisan. Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah rata-rata santri yang lulus adalah 76,92% dan jumlah rata-rata santri yang tidak lulus adalah 23,08%. Akan tetapi, belum ditemukan hasil pengukuran sikap dan penilaian diri dalam evaluasi hasil pembelajaran.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir, pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir dan hasil pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Munawwir. Jenis penelitian menggunakan evaluativ deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, interviu (interview) dan dokumentasi. Data dianalisis secara terus menerus sampai tuntas hingga data menjadi jenuh. Dalam proses analisis melalui tahapan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran kitab kuning termasuk ke dalam kategori cukup karena belum adanya sarana dan prasarana yang kurang optimal dalam menunjang kegiatan belajar mengajar; (2) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning kurang karena belum adanya kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanaan pembelajaran; (3) evaluasi hasil pembelajaran kitab kuning dilakukan dengan tes dalam bentuk tulisan dan lisan. Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah rata-rata santri yang lulus adalah 76,92% dan jumlah rata-rata santri yang tidak lulus adalah 23,08%. Akan tetapi, belum ditemukan hasil pengukuran sikap dan penilaian diri dalam evaluasi hasil pembelajaran.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi, Pembelajaran Kitab Kuning, Madrasah Diniyah dan Model Evaluasi Countenanceen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 261en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record