Show simple item record

dc.contributor.advisorDEWANTO, IWAN
dc.contributor.authorMARANANTHA, ANGGITA MAULUDYNA
dc.date.accessioned2018-11-09T02:10:06Z
dc.date.available2018-11-09T02:10:06Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/22982
dc.descriptionLatar belakang: Hasil profil Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon tahun 2013 didapatkan bahwa prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut sebesar 26% artinya mendekati prevalensi provinsi Jawa Barat. Hasil survei awal dari data kunjungan pasien Puskesmas Sumber Cirebon terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien pada bulan Maret-April. Puskesmas Sumber sebagai salah satu pusat kesehatan masyarakat di Kabupaten Cirebon, sudah selayaknya menjaga dan meningkatkan pelayanannya agar pasien merasa puas dan pasien tidak akan kehilangan minat untuk kembali lagi. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sumber Cirebon. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Subyek penelitian adalah 279 responden yang melakukan perawatan gigi di Puskesmas Sumber Cirebon yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, assurance, responsiveness, dan emphaty. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil: Berdasarkan dimensi tangible, sebanyak 187 (67%) pasien menyatakan puas; dimensi reliability, sebanyak 190 (68%) pasien menyatakan sangat puas; dimensi assurance, sebanyak 156 (56%) pasien menyatakan puas; dimensi responsiveness, sebanyak 140 (50,1%) pasien menyatakan sangat puas; dimensi emphaty, sebanyak 156 (56%) pasien menyatakan puas. Kesimpulan: Berdasarkan lima dimensi kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sumber Cirebon sebagian besar responden menyatakan puas.en_US
dc.description.abstractLatar belakang: Hasil profil Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon tahun 2013 didapatkan bahwa prevalensi masalah kesehatan gigi dan mulut sebesar 26% artinya mendekati prevalensi provinsi Jawa Barat. Hasil survei awal dari data kunjungan pasien Puskesmas Sumber Cirebon terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien pada bulan Maret-April. Puskesmas Sumber sebagai salah satu pusat kesehatan masyarakat di Kabupaten Cirebon, sudah selayaknya menjaga dan meningkatkan pelayanannya agar pasien merasa puas dan pasien tidak akan kehilangan minat untuk kembali lagi. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sumber Cirebon. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Subyek penelitian adalah 279 responden yang melakukan perawatan gigi di Puskesmas Sumber Cirebon yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangibles, reliability, assurance, responsiveness, dan emphaty. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil: Berdasarkan dimensi tangible, sebanyak 187 (67%) pasien menyatakan puas; dimensi reliability, sebanyak 190 (68%) pasien menyatakan sangat puas; dimensi assurance, sebanyak 156 (56%) pasien menyatakan puas; dimensi responsiveness, sebanyak 140 (50,1%) pasien menyatakan sangat puas; dimensi emphaty, sebanyak 156 (56%) pasien menyatakan puas. Kesimpulan: Berdasarkan lima dimensi kepuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Sumber Cirebon sebagian besar responden menyatakan puas.en_US
dc.subjectMutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut, Kepuasan, Puskesmas.en_US
dc.titleGAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS SUMBER CIREBON TAHUN 2015en_US
dc.typeThesis SKR FKIK 320en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record