Show simple item record

dc.contributor.advisorJATMIKO, BAMBANG
dc.contributor.authorNI'MAH, ZAHIDA HANIFATUN
dc.date.accessioned2018-11-13T06:35:02Z
dc.date.available2018-11-13T06:35:02Z
dc.date.issued2018-08-02
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23098
dc.descriptionTujuan penelitian adalah: (1) untuk menguji dan membuktukan mengenai pengaruh teknologi informasi terhadap kesiapan aparatur pemerintah daerah dalam menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah berbasis akrual. (2) menguji dan membuktikan mengenai pengaruh komitmen terhadap kesiapan aparatur pemerintah daerah dalam menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah berbasis akrual. (3) menguji dan membuktikan mengenai pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kesiapan aparatur pemerintah daerah dalam menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah berbasis akrual. (4) menguji dan membuktikan mengenai pengaruh infrastruktur terhadap kesiapan aparatur pemerintah daerah dalam menerapkan Standar Akuntansi Pemerintah berbasis akrual. Masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Sistem aplikasi yang digunakan pemda belum sesuai kebutuhan, Pengendalian atas sistem aplikasi masih lemah. pemda belum menetapkan rencana/strategi atas implementasi SAP berbasis akrual secara formal akibat dari kurangnya komitmen dari pemda. Penempatan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola keuangan, aset, dan TI yang tidak sesuai bidangnya, Pelatihan/sosialiasi SDM terkait implementasi SAP berbasis akrual belum memadai, Regulasi tentang kebijakan akuntansi, Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah (SAPD) dan Bagan Akun Standar kurang jelas dan belum selaras. Metode penelitian ini menggunakan survey. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner disampaikan kepada aparatur dinas Kabupaten Pati yang menjalankan fungsi akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh Dinas di Kabupaten pati dengan obyek penelitian aparatur yang bekerja di Dinas dan menjalankan fungsi akuntansi. Sebanyak 45 kuesioner yang dibagikan yang kembali dan dapat diolah sebanyak 38 kuesioner. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknologi informasi, komitmen, latar belakang pendidikan, dan infrastruktur berpengaruh signifikan terhadap kesiapan aparatur pemerintah daerah dalam penerapan akuntansi berbasis akrual.en_US
dc.description.abstractResearch objectives are: (1) to test and prove about the influence of information technology on the readiness of local government officials in implementing accrual-based government accounting standards. (2) test and prove the influence of commitment to the readiness of local government officials in applying accrual-based Government Accounting Standards. (3) test and prove the influence of educational background on the readiness of local government officials in applying accrual-based Government Accounting Standards. (4) test and prove the influence of infrastructure on the readiness of local government officials in implementing accrual-based Government Accounting Standards. The problem in this research is as follows: The application system used by local government not yet according to requirement, Control over application system still weak. local governments have not set a plan / strategy for the formal implementation of SAP-based accruals resulting from a lack of commitment from local governments. Placement of Human Resources (HR) of financial, asset and IT managers that are not in their respective fields, HR Training / socialization related to accrual-based SAP implementation is inadequate, Regulation on accounting policies, Local Government Accounting Systems (SAPD) and Standard Account Charts are less clear and not aligned. This research method uses a survey. Data collection in this study uses a questionnaire. Questionnaires submitted to the apparatus of the Pati Regency office that performs accounting functions. The population of this study is all of the Service in Regency starch with the object of research apparatus who work in the Office and perform accounting functions. A total of 45 distributed questionnaires were returned and can be processed as many as 38 questionnaires. The data collected were processed using correlation test. The results of this study indicate that information technology, commitment, educational background, and infrastructure have a significant effect on the readiness of local government apparatus in the application of accrual basis accounting.en_US
dc.publisherFAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAccrual Accounting, Public Sector Accounting, Information Technology, Commitment, Education Background, Infrastructureen_US
dc.titleANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMENGARUHI KESIAPAN APARATUR PEMERINTAH DAERAH DALAM MENERAPKAN STANDAR AKUNTANSI BERBASIS AKRUALen_US
dc.title.alternative(Survey pada seluruh Dinas Pemerintahan di Kabupaten Pati)en_US
dc.typeThesis SKR FEB 524en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record