Show simple item record

dc.contributor.advisorNURWANTO, NURWANTO
dc.contributor.authorMANASIH, LINA
dc.date.accessioned2018-11-14T03:52:00Z
dc.date.available2018-11-14T03:52:00Z
dc.date.issued2018-08-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23128
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran guru dalam menanamkan karakter disiplin pada anak usia dini di TPA-KB-TK IT Nurul Ittihad Gamping, (2) Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menanamkan karakter disiplin pada anak usia dini di TPA-KB-TK IT Nurul Ittihad Gamping, (3) Bentuk karakter disiplin anak usia dini di TPA-KB-TK IT Nurul Ittihad Gamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Narasumber dari penelitian yaitu Kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik dalam analisis datanya penulis menggunakan analisis model Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peran guru dalam menanamakn karakter disiplin siswa di TPA-KB-TK IT Nurul Ittihad Gamping ini terbagi menjadi empat peran yaitu peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai penasihat, dan peran guru sebagai model dan teladan. (2) Metode pembelajaran yang digunakan dalam menanamkan karakter disiplin anak usia dini yaitu dengan metode ceramah, metode praktik, metode lewat kisah, serta penilaian dan apresiasi terhadap siswa. (3) Bentuk karakter disiplin anak usia dini di TPA-KB-TK IT Nurul Ittihad Gamping peneliti menemukan bahwa siswa memiliki karakter salam dan sapa dengan guru piket ketika berangkat sekolah, apel pagi dalam mempersiapkan siswa untuk memulai pembelajaran, meletakkan barang-barang miliknya pada tempat yang telah disediakan dan membuang sampah pada tempatnya, mengikuti berjalannya kegiatan pembelajaran, selalu meminta izin kepada guru kelas jika ingin makan atau pergi ke kamar mandi ketika masih dalam kegiatan belajar berlangsung, tertib dalam perisiapan makan snack pagi, tertib dalam persiapan pulang sekolah.en_US
dc.description.abstractThis study aims to determine (1) the role of teachers in inculcating discipline character among early age students of TPA-Nurul Ittihad IT-TK-TK Gamping, (2) learning methods employed by the teachers in the inculcation. (3) The manifestations of discipline characters among the early age students at TPA-KB-TK IT Nurul Ittihad Gamping. This research is a field research with a qualitative description approach. The objects of study are the Principal and the homeroom teachers of TPA-Nurul Ittihad IT-TK-TK Gamping. The data collection techniques are interview, observation and documentation. The collected data then analyzed using Miles and Huberman model. The results of this study are (1) The roles of the teacher in inculcating discipline character among the students of TPA-KB-TK IT Nurul Ittihad Gamping are classified into four roles, namely the role of the teachers as educators, the role of the teachers as mentors, the role of the teachers as advisors, and the role of the teacher as role models. (2) The learning methods used in the inculcation of discipline character are giving lecture, practicing method, storytelling, and giving rewards. (3) The manifestations of early childhood discipline among the students of TPA-KB-TK IT Nurul Ittihad Gamping including greeting their teachers with before leaving school, attending morning apples to prepare themselves before entering classroom, putting their belongings on the place that has been provided, disposing trash in trashcans, actively following all the learning activities, always asking permission before eating their meals in a classroom or going to the bathroom, queuing in morning snack preparation, queuing in entering classroomsen_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectTeacher's Role, Discipline Character, Early Childhooden_US
dc.titlePERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI DI TPA-KB-TK IT NURUL ITTIHAD GAMPINGen_US
dc.typeThesis SKR FAI 321en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record