dc.contributor.advisor | RAHMAWATI, ATIEK DRIANA | |
dc.contributor.author | MELYANTARI, DWI PIPIN | |
dc.date.accessioned | 2018-11-17T04:14:17Z | |
dc.date.available | 2018-11-17T04:14:17Z | |
dc.date.issued | 2018-07-07 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23197 | |
dc.description | Bad oral habit merupakan suatu kebiasaan yang menetap dan dilakukan sec
ara berulang dalam rongga mulut. Kebiasaan ini masih sering terjadi pada anak usia sekolah dasar. Sebagian besar orangtua belum mengetahui bahwa perilaku sehari-hari yang dilakukan oleh anak mereka merupakan kebiasaan buruk di rongga mulut. Penyuluhan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan merubah perilaku. Orangtua yang memiliki pengetahuan mengenai bad oral habit memungkinkan untuk mencegah kebiasaan tersebut menetap pada anak mereka sehingga anak terhindar dari dampak buruk yang dapat ditimbulkan oleh bad oral habit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan orangtua mengenai bad oral habit anak antara sebelum dan sesudah penyuluhan dengan metode ceramah menggunakan PowerPoint.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimental dengan pretest and posttest gruop design. Penelitian ini dilakukan di SD Karangjati pada bulan September-Oktober 2017. Subjek penelitian ini adalah ibu siswa usia 7-9 tahun yang bersekolah di SD Karangjati. Subjek penelitian diberikan kuesioner pretest, kemudian dilakukan penyuluhan dan diberikan kuesioner posttest sesudah penyuluhan.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon didapatkan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05) yang berarti bahwa terdapat perbedaan tingkat pengetahuan orangtua antara sebelum dan sesudah penyuluhan, dimana penyuluhan dengan metode ceramah menggunakan PowerPoint dapat meningkatkan pengetahuan orangtua mengenai bad oral habit anak. | en_US |
dc.description.abstract | Bad oral habit is a habit that persists and is done repeatedly in the oral cavity. This habit is still common in elementary school age children. Most parents do not know that their child’s daily behavior is a bad oral habit. Dissemination is an effort to increase the knowledge and change the behavior. Parents with knowledge of bad oral habit enable to prevent the habit of persisting in their children so that children are prevented from the adverse impacts that can be caused by bad oral habit. The aim of this study was to know the difference of parental knowledge level on bad oral habit of children between before and after dissemination by lecture method using PowerPoint.
This was a quasi-experimental study with pretest and posttest group design. This research was conducted at SD Karangjati in September-October 2017. The subjects of this research were mothers of students age 7-9 years who were studying in SD Karangjati. The subjects of the study were given a pretest questionnaire, then the dissemination was delivered and a posttest questionnaire was done after the dissemination.
Based on the result of data analysis using Wilcoxon test, the p-value was 0.000 (p < 0.05) which means that there was a difference of parental knowledge level between before and after dissemination, where dissemination by lecture method using PowerPoint can improve parental knowledge about bad oral habit of children. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | bad oral habit, dissemination, lectures, PowerPoint | en_US |
dc.title | PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANGTUA MENGENAI BAD ORAL HABIT ANAK ANTARA SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH MENGGUNAKAN POWERPOINT | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
165 | en_US |