dc.contributor.advisor | AZIZ, ZUHDAN | |
dc.contributor.author | MAULIDINA, RUBY NURUL RAHMAWATI | |
dc.date.accessioned | 2018-12-17T03:34:04Z | |
dc.date.available | 2018-12-17T03:34:04Z | |
dc.date.issued | 2018-12-05 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23376 | |
dc.description | Penelitian ini berisi tentang upaya Artotel Yogyakarta dalam melakukan strategi
positioning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi
positioning Artotel Yogyakarta sebagai hotel berkonsep seni untuk meningkatkan
brand awareness dan mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap
positioning yang dilakukan oleh Artotel Yogyakarta.
Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus, jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Yogyakarta.
Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan informan, dokumen
dan foto dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber, yaitu
dengan cara membandingkan hasil wawancara dengan dokumen terkait.
Hasil dari penelitian ini adalah Artotel Yogyakarta adalah hotel yang memposisikan
dirinya sebagai hotel berkonsep seni. Jenis seni yang ditonjolkan adalah seni
kontemporer yang digabungkan dengan desain hotel yang modern. Artotel
Yogyakarta telah melakukan berbagai upaya dalam membangun positioning-nya
untuk meningkatkan brand awareness. Upaya yang ditonjolkan oleh Artotel
Yogyakarta adalah melalui event marketing dalam menanamkan karakteristiknya
kepada target audiens. Aktifitas media sosial aktif dilakukan untuk meningkatkan
kesadaran akan merek pada benak target audiens. | en_US |
dc.description.abstract | This research is about how Artotel Yogyakara do their positioning strategy, it aimed
to find out how Artotel Yogyakarta do their positioning strategy as an art concept
hotel to increase brand awareness in 2017-2018 period and find out consumer
response towards the positioning strategy of Artotel Yogyakarta.
This research used qualitative research method with case study approach, the type
of this research was descriptive qualitative. This reasearch was located in
Yogyakarta. The source of the data were taken from primary data obtained from indepht
interview, documentations and documentation photo. The validity test used
triangulation, comparing the result of interview with content of related documents.
Artotel Yogyakarta is the first hotel with art concept in Yogyakarta. The hotel has
a contemporary art concept with modern architecture design. Artotel Yogyakarta
has a various effort to do their positioning strategy to increase brand awareness.
Event marketing is a dominant effort that the hotel do to put an art contemporary
concept inside the consumer’s mind. Social media activity is very active to
increase brand recognition into the consumer’s mind. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Positioning Strategy, Brand Awareness, Contemporary Art | en_US |
dc.title | STRATEGI POSITIONING ARTOTEL YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS | en_US |
dc.title.alternative | Studi Deskriptif Strategi Positioning Artotel Yogyakarta Sebagai Hotel Berkonsep Seni Untuk Meningkatkan Brand Awareness Periode 2017-2018 | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FISIP
770 | en_US |