Show simple item record

dc.contributor.authorHURIAH, TITIH
dc.contributor.authorAL FARISI, YUSUF
dc.contributor.authorHARKI, RAKA
dc.contributor.authorSATRIA, ANGGA
dc.date.accessioned2016-09-20T05:56:32Z
dc.date.available2016-09-20T05:56:32Z
dc.date.issued2015-05-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/2347
dc.description.abstractAnak usia sekolah merupakan kelompok usia yang kritis karena pada usia tersebut rentan terkena masalah kesehatan misalnya diare, sakit gigi, penyakit kulit dan sebagainya. Masalah kesehatan fisik tersebut pada umumnya dikarenakan karena kurangnya pengetahuan dan kurang pedulinya anak usia sekolah akan kebersihan diri (personal hygiene). Selain masalah personal hygiene, salah satu risiko masalah kesehatan yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah adalah masalah gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan personal hygiene dan status gizi pada siswa sekolah dasar di Kota Yogyakarta sebuah penelitian eksperimental dengan perlakuan berupa promosi kesehatan melalui pemantauan KMS-AS selama 2 bulan. Penelitian yang dilakukan menggunakan kuasi eksperimen dengan rancang pre test-post test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa sekolah dasar laki – laki dan perempuan kelas 4 dan 5 yang berjumlah 107 responden di SD Negeri Gedong Tengen serta seluruh siswa sekolah dasar laki – laki dan perempuan kelas 4 dan kelas 5 SD Negeri Ngabean yang berjumlah 54 responden pada tahun ajaran 2014/2015. Intervensi promosi kesehatan melalui pemantauan KMS-AS dilakukan dua minggu sekali selama dua bulan. Uji statistik yang dipakai pada analisis ini adalah t test dengan taraf kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil bahwa pengetahuan dan perilaku tentang personal hygiene pada kelompok intervensi memiliki dari nilai p value 0,000 yang berarti p < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan pengetahuan setelah diberikan intervensi berupa promosi kesehatan melalui pemantauan kartu menuju sehat anak sekolah. Pada kelompok kontrol, pengetahuan dan perilaku tentang personal hygiene memiliki nilai 0,097 dan 0,425 yang berarti p > 0,05 sehingga pada kelompok kontrol memiliki makna tidak ada peningkatan yang signifikan. Pada variabel status gizi menunjukkan bahwa pada kelompok intervensi terdapat peningkatan nilai z score, sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat peningkatan. Kesimpulan penelitian menunjukkan terdapat peningkatan personal hygiene dan status gizi pada siswa sekolah dasar setelah diberikan intervensi promosi kesehatan melalui pemantauan Kartu Menuju Sehat Anak Sekolah (KMS-AS) selama 2 bulan dengan nilai p < 0,05. Saran untuk ilmu keperawatan, hasil penelitian ini diharapkan bisa dikembangkan lebih lanjut terkait personal hygiene di lingkungan sekolah, serta dapat menjadi masukan agar dapat mengaplikasikan dalam praktik keperawatan komunitas.en_US
dc.description.sponsorshipLP3M UMYen_US
dc.publisherUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectPromosi kesehatan, KMS-AS, status gizi, personal hygieneen_US
dc.titlePENGARUH PROMOSI KESEHATAN MELALUI KMS-AS TERHADAP PENINGKATAN PERSONAL HYGIENE DAN STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA YOGYAKARTAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record