Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABD
dc.contributor.authorAL-ALI, HUR' INUL JANAH
dc.date.accessioned2019-01-05T03:21:15Z
dc.date.available2019-01-05T03:21:15Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23619
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis bagaimana proses implementassi pendidikan karakter religius dan gemar membaca, 2) menggambarkan bagaiman perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter religius dan gemar membaca dan 3) mengetahi faktor penghambat dan juga afaktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius dan gemar membaca di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah satu orang Kepala Sekolah, satu orang Wakil Bidang Kurikulum, satu orang Ketua Bidang Keagamaan, satu orang Ketua Bidang Perpustakaan, satu orang Ketua Pengembangan Pendidikan Karakter. Objek dari penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter religius dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi pendidikan karakter religus dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta terdiri dari dua tahap yaitu: tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan dilaksanakan pada sebelum tahun pembelajaran baru dimulai. Adapun implementasi pendidikan karakter religius dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dilaksanakn melalui tiga kegiatan yaitu: 1) kegiatan intrakulikuler (pembelajaran di kelas), 2) kegiatan Ekstrakulikuler (pengembangan diri), dan 3) kegiatan Pembeasaan melalui budaya sekolah.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis bagaimana proses implementassi pendidikan karakter religius dan gemar membaca, 2) menggambarkan bagaiman perencanaan dan pelaksanaan pendidikan karakter religius dan gemar membaca dan 3) mengetahi faktor penghambat dan juga afaktor pendukung dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius dan gemar membaca di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah satu orang Kepala Sekolah, satu orang Wakil Bidang Kurikulum, satu orang Ketua Bidang Keagamaan, satu orang Ketua Bidang Perpustakaan, satu orang Ketua Pengembangan Pendidikan Karakter. Objek dari penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter religius dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis yang digunakan antara lain pengumpulan data, reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi pendidikan karakter religus dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta terdiri dari dua tahap yaitu: tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan dilaksanakan pada sebelum tahun pembelajaran baru dimulai. Adapun implementasi pendidikan karakter religius dan gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dilaksanakn melalui tiga kegiatan yaitu: 1) kegiatan intrakulikuler (pembelajaran di kelas), 2) kegiatan Ekstrakulikuler (pengembangan diri), dan 3) kegiatan Pembeasaan melalui budaya sekolah.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectpendidikan, karakter, pendidikan karakteren_US
dc.titleIMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN GEMAR MEMBACA DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 346en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record