Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAM, MARSUDI
dc.contributor.authorRHOHMAH, NISFULLAILI
dc.date.accessioned2019-01-07T01:53:41Z
dc.date.available2019-01-07T01:53:41Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23627
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. 2) untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. 3) untuk mengetahui hasil penerapan sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek sebanyak lima keluarga. Kemudian teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, melalui orangtua yang mendidik anaknya untuk menghafal Al-Qur’an dan observasi yaitu terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif, melalui data berdasarkan fakta yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) sterategi yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an berbeda-beda yaitu, dengan mendatangkan guru privat, dengan cara orangtua ikut menghafal, dengan cara membacanya secara berulang-ulang dengan suara yang lantang, dan dengan cara membiasakan anak membaca Al-Qur’an. 2) faktor pendukung orangtua selalu ingat akan tanggung jawab untuk mendidik anak, ingin memiliki keturunan yang hafal Al-Qur’an, nantinya anak dapat mendo’akan orangtua dan menjadi syafa’at bagi orangtua. Faktor penghambat orangtua anak suka bermain, rasa malas anak, anak terkadang mengeyel. 3) hasil dari penerapan sterategi orangtua dalam mendidika anka menghafal Al-Qur’an yaitu anak menjadi bersemangat dalam menghafal, anak menjadi mudah untuk menghafal, anak sering dan mudah dalam muroja’ah, dan anak menjadi gemar membaca Al-Qur’an.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. 2) untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. 3) untuk mengetahui hasil penerapan sterategi orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek sebanyak lima keluarga. Kemudian teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, melalui orangtua yang mendidik anaknya untuk menghafal Al-Qur’an dan observasi yaitu terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan orangtua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif, melalui data berdasarkan fakta yang diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) sterategi yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak menghafal Al-Qur’an berbeda-beda yaitu, dengan mendatangkan guru privat, dengan cara orangtua ikut menghafal, dengan cara membacanya secara berulang-ulang dengan suara yang lantang, dan dengan cara membiasakan anak membaca Al-Qur’an. 2) faktor pendukung orangtua selalu ingat akan tanggung jawab untuk mendidik anak, ingin memiliki keturunan yang hafal Al-Qur’an, nantinya anak dapat mendo’akan orangtua dan menjadi syafa’at bagi orangtua. Faktor penghambat orangtua anak suka bermain, rasa malas anak, anak terkadang mengeyel. 3) hasil dari penerapan sterategi orangtua dalam mendidika anka menghafal Al-Qur’an yaitu anak menjadi bersemangat dalam menghafal, anak menjadi mudah untuk menghafal, anak sering dan mudah dalam muroja’ah, dan anak menjadi gemar membaca Al-Qur’an.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategi,Orangtua,MenghafalAl-Qur’an.en_US
dc.titleSTRATEGI ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI KASUS LIMA KELUARGA DI DESA PENARUBAN WELERI JAWA TENGAH)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 347en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record