dc.contributor.advisor | KHILMIYAH ,AKIF | |
dc.contributor.author | MAYSARAH, SITI | |
dc.date.accessioned | 2019-01-09T05:55:40Z | |
dc.date.available | 2019-01-09T05:55:40Z | |
dc.date.issued | 2018 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/23712 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola asuh orang tua
mahasiswa PAI angkatan 2018, (2) mengetahui kepercayaan diri mahasiswa PAI
angkatan 2018, (3) mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadapkepercayaan
diri mahasiswa PAI angkatan 2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan jenis korelasi. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Prodi
Pendidikan Agama Islam Angkatan 2018, Fakultas Agama Islam, Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa PAI
angkatan 2018 terdiri dari empat kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 33
mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, dan
wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random samling.
Teknik analisis data dengan menggunakan rumus statistik deskriptif, rumus
kategorisasi data, dan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil dari perhitungan nilai dari pola asuh
otoriter, demokratis, dan permissif, yaitu dari 33 subjek ternyata pada pola asuh
terdapat perolehan hasil lebih banyak pada pola asuh demokratis tinggi, otoriter
sedang, dan permissif sedang. Artinya, pola asuh demokratis adalah pola asuh yang
paling banyak diterapkan orang tua pada anaknya. (2) Hasil dari perhitungan nilai
kepercayaan diri dengan menggunakan analsis statistik deskriptif diperoleh dari 33
subjek ternyata pada hasil pada ke lima aspek kepercayaan diri yang paling banyak
adalah pada aspek optimisme, diperoleh hasil dengan kategori tinggi 10, sedang 21,
dan rendah 2. Pada kategorisasi data, dari ke lima aspek kepercayaan diri;
keyakinan akan kemampuan diri, optimisme, objektif, bertanggung jawab, dan
rasional dan realisitis, memperoleh hasil dominan yaitu dengan memiliki
kepercayaan diri tinggi. (3) Hasil dari hipotesis diperoleh tidak terdapat pengaruh
yang signifikan variabel pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri mahasiswa
Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2018 pada kelas A di UMY. Hal tersebut
dapat dilihat dari uji Anova dengan hasil 0,896 > 0,05, maka dari itu dapat
disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima.Oleh karena itu, pola asuh
demokratis yang memiliki kontribusi paling tinggi terhadap kepercayaan diri
mahasiswa. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola asuh orang tua
mahasiswa PAI angkatan 2018, (2) mengetahui kepercayaan diri mahasiswa PAI
angkatan 2018, (3) mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadapkepercayaan
diri mahasiswa PAI angkatan 2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan jenis korelasi. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Prodi
Pendidikan Agama Islam Angkatan 2018, Fakultas Agama Islam, Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa PAI
angkatan 2018 terdiri dari empat kelas. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 33
mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, dan
wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik random samling.
Teknik analisis data dengan menggunakan rumus statistik deskriptif, rumus
kategorisasi data, dan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil dari perhitungan nilai dari pola asuh
otoriter, demokratis, dan permissif, yaitu dari 33 subjek ternyata pada pola asuh
terdapat perolehan hasil lebih banyak pada pola asuh demokratis tinggi, otoriter
sedang, dan permissif sedang. Artinya, pola asuh demokratis adalah pola asuh yang
paling banyak diterapkan orang tua pada anaknya. (2) Hasil dari perhitungan nilai
kepercayaan diri dengan menggunakan analsis statistik deskriptif diperoleh dari 33
subjek ternyata pada hasil pada ke lima aspek kepercayaan diri yang paling banyak
adalah pada aspek optimisme, diperoleh hasil dengan kategori tinggi 10, sedang 21,
dan rendah 2. Pada kategorisasi data, dari ke lima aspek kepercayaan diri;
keyakinan akan kemampuan diri, optimisme, objektif, bertanggung jawab, dan
rasional dan realisitis, memperoleh hasil dominan yaitu dengan memiliki
kepercayaan diri tinggi. (3) Hasil dari hipotesis diperoleh tidak terdapat pengaruh
yang signifikan variabel pola asuh orang tua terhadap kepercayaan diri mahasiswa
Prodi Pendidikan Agama Islam angkatan 2018 pada kelas A di UMY. Hal tersebut
dapat dilihat dari uji Anova dengan hasil 0,896 > 0,05, maka dari itu dapat
disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima.Oleh karena itu, pola asuh
demokratis yang memiliki kontribusi paling tinggi terhadap kepercayaan diri
mahasiswa. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Pola Asuh, Orang Tua, Kepercayaan Diri | en_US |
dc.title | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
363 | en_US |